Nama Penulis : Navaly Zephyr Rafif, Muhammad Farros Kangsa Deva, Muhammad Hafizh Amarullah, Mahasiswa Teknik Informatika Universitas Pamulang,

Selama beberapa bulan, tepatnya dari bulan 24 Maret hingga 13 Juni 2025, saya Muhammad Farros Kangsa Deva bersama dua rekan satu tim, Navaly Zephyr Rafif, dan Muhammad Hafizh Amarullah   menjalani kegiatan kerja praktek di sebuah perusahaan bernama Zandel Service, yang berlokasi di Jakarta Selatan. Kegiatan ini merupakan bagian dari proses akademik yang harus kami jalani sebagai mahasiswa Teknik Informatika di Universitas Pamulang.

Penulis menyadari bahwa laporan ini tidak akan tersusun dengan baik tanpa adanya bantuan dan dukungan dari berbagai pihak. Oleh karena itu, dengan segala kerendahan hati, penulis mengucapkan terima kasih kepada:

  • Bapak Dr.E Nur Zaman AM., M.M., M.Si., selaku Rektor Universitas Pamulang
  • Bapak Yan Mitha Djaksana, S.Kom., M.Kom., selaku Dekan Fakultas Teknik.
  • Bapak Dr. Eng. Ahmad Musyafa, S.Kom., M.Kom., selaku KetuaProgram Studi Teknik Informatika.
  • Bapak Achmad Lutfi Fuadi, S.Kom., M.Kom., selaku dosenpembimbing yang telah memberikan bimbingan dan arahan selama proses kerja praktek dan penyusunan laporan ini.
  • Pihak Zandel Service yang telah memberikan kesempatan dan dukunganselama pelaksanaan kerja praktek.
  • Rekan-rekan satu tim yang telah bekerja sama dan berkontribusi secaramaksimal dalam menyelesaikan laporan ini.

Di tempat tersebut, kami terlibat dalam sebuah proyek yang cukup penting bagi operasional internal perusahaan. Kami diminta untuk membantu menyelesaikan salah satu kendala yang sedang mereka hadapi, yaitu proses absensi karyawan yang masih dilakukan secara manual. Dari situlah kemudian muncul ide untuk merancang dan mengembangkan sistem absensi karyawan berbasis website.

Selama kegiatan berlangsung, kami berkolaborasi erat dengan beberapa pihak, mulai dari rekan-rekan staf internal, teknisi, hingga pimpinan Perusahaan yaitu pak Prabowo. Tidak lupa pula dosen pembimbing kami dari kampus, bapak Achmad Lutfi Fuadi S.kom., M.kom. yang secara rutin memantau perkembangan pekerjaan kami dan memberikan arahan saat dibutuhkan.

Proses pelaksanaannya kami jalani bertahap, mulai dari mengenali permasalahan yang ada, menyusun rencana kerja, hingga mencoba mewujudkan solusi berbasis teknologi. Pengalaman ini sangat membuka wawasan saya, terutama dalam menghadapi dinamika pekerjaan nyata yang melibatkan banyak pihak dan tanggung jawab.

Alasan utama kami melaksanakan kerja praktek ini adalah untuk menyesuaikan ilmu yang telah kami pelajari di bangku kuliah dengan situasi dunia kerja yang sebenarnya. Dengan adanya kegiatan ini, saya merasa semakin yakin akan pentingnya keterampilan teknis dan kerja tim dalam menghadapi tantangan di dunia profesional.

Gambar 2. Menjelaskan Penggunaan Fitur Aplikasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *