Penulis : Raden Wijaya & Aris Prio Nugroho

Tentang PT. Presindo Central

PT. Presindo Central adalah perusahaan yang berfokus pada produksi dan distribusi peralatan rumah tangga dengan berbagai pilihan material seperti melamin dan plastik. Dengan visi menjadi pemimpin di industri peralatan rumah tangga dan misi untuk menyediakan produk berkualitas tinggi, PT. Presindo Central terus berinovasi dan berkontribusi pada pertumbuhan industri di Indonesia.

PT. Presindo Central, perusahaan yang bergerak di bidang produksi dan distribusi peralatan rumah tangga, dengan bangga mengumumkan keberhasilan implementasi sistem otomatisasi pencatatan alat tulis kantor (ATK) di bagian HRD. Proyek ini dilakukan sebagai bagian dari program kerja praktek mahasiswa Universitas Pamulang yang bertujuan untuk meningkatkan efisiensi operasional perusahaan.

Latar Belakang Proyek

Industri di Indonesia terus berkembang, dan perusahaan-perusahaan berlomba untuk meningkatkan efisiensi operasional mereka. PT. Presindo Central, yang menjalin kerja sama dengan berbagai perusahaan terkemuka, memutuskan untuk mengadopsi teknologi terbaru dalam pengelolaan ATK untuk mendukung operasional sehari-hari. Sebelumnya, proses pencatatan ATK dilakukan secara manual, yang rentan terhadap kesalahan manusia dan tidak efisien dalam pengelolaan waktu.

Tujuan Proyek

Proyek ini bertujuan untuk mengembangkan aplikasi web yang akan berfungsi sebagai sistem otomatisasi pencatatan ATK di bagian HRD. Aplikasi ini dirancang untuk memudahkan karyawan dalam mengajukan permintaan ATK dan membantu admin HRD dalam mengelola data ATK dengan lebih efisien. Dengan fitur laporan persediaan bulanan dan permintaan ATK dari departemen lain secara real-time, diharapkan sistem ini dapat meningkatkan kontrol terhadap persediaan ATK dan mengurangi kesalahan pencatatan.

Metode Pengembangan

Pengembangan aplikasi ini menggunakan metode Waterfall, yang mencakup tahapan analisis kebutuhan, perancangan, implementasi, pengujian, dan pemeliharaan. Metode ini dipilih karena memungkinkan perencanaan yang matang dan terukur di awal proyek, sehingga dapat menghemat biaya dan waktu. Namun, metode ini juga memiliki kekurangan dalam fleksibilitas terhadap perubahan kebutuhan atau desain setelah tahap analisis selesai.

Keunggulan Sistem Otomatisasi

  1. Efisiensi Pengelolaan Data

Sistem ini memungkinkan pencatatan ATK secara otomatis, mengurangi kesalahan manusia, dan mempercepat proses pengelolaan data.

  1. User-Friendly

Antarmuka yang mudah digunakan memudahkan karyawan dalam mengajukan permintaan ATK dan admin HRD dalam mengelola data.

  1. Laporan Real-Time

Fitur laporan persediaan bulanan dan permintaan ATK dari departemen lain secara real-time membantu dalam pengambilan keputusan yang cepat dan tepat.

  1. Penghematan Biaya dan Waktu

Dengan otomatisasi pencatatan, perusahaan dapat menghemat biaya dan waktu yang sebelumnya digunakan untuk pencatatan manual.

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ajukan Pertanyaan
1
Tanya kita aja!!!
Hubungi Kami!
Selamat datang kak di mediapublikasi.id
Silakan tanya-tanya dulu kebutuhannya kaka apa?

Segera kami respon