Tiga Mahasiswa Jurusan Teknik Informatika, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Pamulang, yaitu Iqbal Nurhidayat, Muhammad Afrizal, dan Yudi Arya putra terlibat dalam proyek merancang situs web landing page untuk PT. Orion Makmur Bersama. Proyek ini dilakukan sebagai pemenuhan program mata kuliah Kerja Praktek (KP) semester enam.

Proyek ini terjadi selama 3 Minggu sejak 31 Mei 2024 hingga 19 Juni 2024 di PT. Orion Makmur Bersama. Lalu melalui observasi dan wawancara yang dilakukan dengan direktur dari PT. Orion Makmur Bersama yang dilakukan, Perusahaan masih menghadapi beberapa tantangan dalam menarik perhatian lebih banyak calon pelanggan, memperluas jangkauan pasar dan meningkatkan penjualan. Perusahaan ini masih menggunakan metode promosi lama seperti mulut ke mulut, serta platform digital seperti google maps dan instagram. Namun cara ini masih memiliki keterbatasan dalam jangkauan, efektivitas, serta interaksi dengan pelanggan.
Berdasarkan masalah-masalah tersebut, untuk meningkatkan efisiensi dalam menarik perhatian lebih banyak calon pelanggan, memperluas jangkauan pasar dan meningkatkan penjualan. Kami berupaya membuat situs web landing page yang dapat menjadi platform untuk menyampaikan informasi tentang coffe shop, produk favorit, kontak, serta lokasi dari coffe shop.

Dalam perancangan situs web landing page, kami menggunakan HTML, CSS, dan Java Script dalam membangun situs web landing page coffe shop. Dan metode yang kami gunakan adalah Metode Waterfall. Metode ini merupakan salah satu model yang menggunakan pendekatan alur hidup perangkat lunak secara sekuensial, yaitu dimulai dari analisis, desain, pengkodean dan pengujian. Dengan menggunakan metode ini, diharapkan proyek ini dapat diselesaikan dengan baik dan menghasilkan situs web landing page yang sesuai dengan kebutuhan PT. Orion Makmur Bersama.
Kontribusi dan Dukungan dari mitra PT. Orion Makmur Bersama mendukung penuh proyek ini dengan menyediakan bantuan dalam bentuk kreatifitas dan waktu untuk kegiatan KP, serta memberikan informasi dan keterangan yang dibutuhkan mahasiswa. Dengan adanya perancangan dan pengembangan situs web landing page dengan metode waterfall ini, diharapkan dapat menarik perhatian lebih banyak calon pelanggan, memperluas jangkauan pasar dan meningkatkan penjualan melalui situs web landing page ini.
Penulis : Muhammad Afrizal, Iqbal Nurhidayat, Yudi Arya Putra, Mahasiswa Teknik Informatika Universitas Pamulang
*Penulis bertanggung jawab atas semua isi tulisan.