Devi Yunita, S.Kom., M.Kom.¹, Dadan Nuh Faturahman², Toga Micolasdo Sitanggang³, Rangga Roris4, Puput Arie Sugiyanto5 , Anggarini Puspita Rarasati6, Kaila Aleishya7, Abu Zar Al Gifari8, Agung Kurniawan9, Zaqi Taufiqurrahman10, Muhamad Adrian11
Kegiatan pelatihan di SMPN 3 Cikupa berhasil dilaksanakan dalam satu hari, melibatkan Siswa/i kelas 8 SMP sebagai peserta. Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan literasi teknologi siswa, khususnya dalam memahami konsep dasar AI, penerapannya dalam kehidupan sehari-hari, serta etika penggunaannya. Berdasarkan hasil evaluasi dan observasi selama pelatihan, dapat disimpulkan beberapa temuan berikut :
- Terjadi peningkatan signifikan dalam pemahaman siswa terhadap konsep dasar AI. Hal ini terlihat dari perbandingan hasil pre-test dan post-test yang diberikan kepada peserta. Peningkatan ini menunjukkan efektivitas pelatihan dalam memberikan pemahaman tentang AI kepada siswa. Pendekatan yang interaktif dan penyampaian materi yang disesuaikan dengan tingkat pemahaman siswa terbukti mampu meningkatkan daya serap peserta.
- Siswa/i menunjukkan antusiasme tinggi selama pelatihan, terutama pada sesi praktik penggunaan AI. Sebanyak 95% siswa mampu menyelesaikan tugas praktik, seperti membuat chatbot sederhana dan menggunakan aplikasi berbasis AI untuk pengenalan gambar, menggunakan canva untuk membuat desain. Diskusi kelompok yang dilakukan pada akhir sesi juga berjalan aktif, dengan siswa mampu mengajukan pertanyaan dan berbagi ide tentang penerapan AI dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini menunjukkan bahwa siswa memiliki potensi besar untuk memahami dan memanfaatkan teknologi canggih jika diberikan kesempatan belajar yang relevan dan menarik.
- Pelatihan ini juga berhasil menanamkan kesadaran siswa terhadap pentingnya etika berteknologi. Pada sesi diskusi, mayoritas siswa (90%) dapat menjawab dengan tepat pertanyaan terkait penggunaan teknologi yang bertanggung jawab. Pemahaman tentang etika ini penting untuk membentuk siswa menjadi pengguna teknologi yang bijak di era digital.
Secara keseluruhan, pelatihan ini menunjukkan bahwa pengenalan AI kepada siswa/i SMP dapat memberikan dampak positif yang signifikan, baik dalam peningkatan literasi teknologi maupun dalam pengembangan keterampilan berpikir kritis dan inovatif. Siswa yang terlibat dalam pelatihan tidak hanya memperoleh pemahaman baru, tetapi juga mampu mempraktikkan teknologi AI dalam konteks sederhana. Dengan dukungan infrastruktur yang lebih baik dan kolaborasi dengan berbagai pihak, program serupa dapat terus dikembangkan untuk mempersiapkan generasi muda menghadapi tantangan di era digital.



Pelatihan inovatif AI di SMPN 3 Cikupa berhasil memberikan dampak positif terhadap peningkatan literasi teknologi siswa, khususnya dalam memahami konsep dasar AI, penerapannya dalam kehidupan sehari-hari, serta pentingnya etika berteknologi. Berdasarkan hasil pelatihan, terjadi peningkatan signifikan pada pemahaman siswa, yang ditunjukkan oleh kenaikan nilai rata-rata dari pre-test ke post-test. Selain itu, antusiasme siswa selama sesi pelatihan, baik dalam diskusi maupun praktik, menunjukkan bahwa pendekatan interaktif dan praktis mampu memotivasi siswa untuk mempelajari teknologi baru.
Kegiatan ini juga berhasil membangun kesadaran siswa mengenai pentingnya penggunaan teknologi secara bertanggung jawab. Dengan hasil yang telah dicapai, pelatihan ini membuktikan bahwa pengenalan teknologi AI kepada siswa/i SMP sangat penting untuk mempersiapkan generasi muda menghadapi tantangan di era digital. Untuk pengembangan lebih lanjut, peningkatan infrastruktur teknologi di sekolah serta kolaborasi dengan berbagai pihak dapat menjadi langkah strategis untuk mendukung pelaksanaan program serupa di masa depan.