Penulis : Rizqi Harfian, Mahasiswa Teknik Informatika, Universitas Pamulang

Artificial  intelligence adalah suatu pengetahuan yang membuat komputer dapat meniru kecerdasan manusia sehingga komputer dapat melakukan hal-hal yang dikerjakan manusia dimana membutuhkan suatu kecerdasan, misalkan melakukan analisa penalaran untuk mengambil suatu kesimpulan atau keputusan atau penerjemahan dari satu bahasa ke bahasa lain. Kecerdasan buatan merupakan suatu cabang dalam bidang sains komputer Sains yang mengkaji tentang bagaimana untuk melengkapi sebuah komputer dengan kemampuan atau kepintaran seperti manusia. Artificial  intelligence atau kecerdasan buatan dari segi pemanfaatannya di dunia pendidikan adalah sebuah sistem yang dirancang sedemikian rupa agar dapat membantu  proses belajar mengajar. Seiring dengan perkembangan teknologi yang sangat cepat, pengetahuan guru tentang perkembangan teknologi dan kemampuan memanfaatkan teknologi  dalam proses belajar  mengajar  bahasa  Inggris  masih  rendah. Banyaknya dari tenaga pendidikan yang menyadari bahwa teknologi artificial intelligence sangat bermanfaat didunia pendidikan, akan tetapi masih banyaknya dari mereka yang masih kurang memahami cara kerja teknologinya dan tidak mengetahui menjalankan pengaplikasian model pembelajaran Bahasa Inggris. Di Indonesia sendiri perkembangan dalam berbicara maupun menulis dalam Bahasa Inggris masih dibilang sangatlah kurang diminati berdasarkan English Proficiency Index, sebuah survey yang dilakukan oleh English First. Oleh karna itu diperlukannya pemanfaatan teknologi kecerdasan buatan dalam pembelajaran Bahasa Inggris untuk membantu tenaga pendidikan maupun masyarakat Indonesia. Dalam keterampilan khususnya untuk menulis sebuah teks berbahasa Inggris sangat diperlukan untuk siswa/siswi mengingat mereka memerlukan skill ini untuk keperluan studi maupun kebutuhan kerja. Ada beberapa kecerdasan buatan untuk pembelajaran Bahasa Inggris, contohnya google translate, siri yang tersedia pada handphone merek apple, dan neo study. Aplikasi untuk pembelajaran Bahasa Inggris ini tersedia mulai dari yang tidak berbayar dan ada juga yang berbayar. Adanya kelebihan dan kekurangan dari setiap aplikasi tersebut terlebih aplikasi yang tidak berbayar memiliki keterbatasan fitur yang disediakan. Pemanfaatan aplikasi ini dapat membantu tenaga pendidikan maupun siswa/siswinya untuk mempelajari Bahasa Inggris hingga fasih. Artificial  intelligence berperan penting dalam pendidikan karena memiliki beberapa keuntungan, yaitu:

  1. Lebih powerful dan lebih bermanfaat
  2. Meningkatkan interfaces
  3. Menyelesaikan masalah karena dapat mendiagnosa dan memberikan hasil secara detail dalam hitungan detik
  4. Lebih baik dalam menghandle informasi
  5. Mengkonversi informasi menjadi pengetahuan

Adapun kelemahan Artificial  intelligence adalah sebagai berikut:

  1. Kecerdasan buatan lebih bersifat permanen. Kecerdasan alami akan cepat mengalami perubahan. Hal ini dimungkinkan karena sifat manusia yang pelupa. Kecerdasan buatan tidak akan berubah sepanjang sistem komputer dan program tidak mengubahnya.
  2. Kecerdasan buatan lebih mudah diduplikasi dan disebarkan. Mentransfer pengetahuan manusia dari satu orang ke orang lain butuh proses dan waktu lama. Disamping itu suatu keahlian tidak akan pernah bisa diduplikasi secara lengkap. Sedangkan jika pengetahuan terletak pada suatu.

Gambar 1. Aplikasi Neo Study

Sumber gambar :  https://images.app.goo.gl/f1sXkAd72whsjoCf7

Referensi :

Astawa, N. L. P. N. S. P., & Permana, P. T. H. (2020). Media Pembelajaran dengan Kecerdasan Buatan dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Generasi-Z. Jurnal Sains Sosio Humaniora, 4(2), 756–767. https://doi.org/10.22437/jssh.v4i2.11540

Bahasa, F. P., Yogyakara, U. M., & Brawijaya, J. (2020). Pengembangan Model Pembelajaran Bahasa Inggris. 2, 1096–1105. https://doi.org/10.18196/ppm.35.96

Prastiwi, C. H. W., & Pujiawati, N. (2019). Penggabungan Artificial Intelligence dan Kecerdasan Alami dalam Pembelajaran Keterampilan Menulis Bahasa Inggris. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (PROSNAMPAS), 1–7.

Sutojo, T; Mulyanto, Edi; Suhartono, V. (2011). Kecerdasan Buatan. 211–235.

Trisna, P., Permana, H., Luh, N., Ning, P., Astawa, S. P., & Kunci, K. (2020). Artificial Intelligence dalam Pengembangan Media Pembelajaran Bahasa Inggris. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 3(3), 687–692. http://jiip.stkipyapisdompu.ac.id

 Al Mukhallafi, T. R. (2020). Using artificial intelligence for developing English language teaching/learning: An analytical study from university students’ perspective. International Journal of English Linguistics10(6), 40-53.

Note : Penulis bertanggung jawab atas semua isi tulisannya

By admin

Ajukan Pertanyaan
1
Tanya kita aja!!!
Hubungi Kami!
Selamat datang kak di mediapublikasi.id
Silakan tanya-tanya dulu kebutuhannya kaka apa?

Segera kami respon