Nama Penulis : Lintang Bhanu Calogo, Mahasiswa Teknik Informatika Universitas Pamulang

Mungkin Matematika menjadi salah satu pelajaran yang sangat di takuti oleh Pelajar hingga Mahasiswa di Indonesia. Kalau didalam Fakultas Teknik dan MIPA mereka sudah pasti akan menemukan mata kuliah yang berisi Matematika, karena pada dasarnya Matematika menjadi ilmu yang wajib di pelajari di fakultas tersebut.

Berbicara tentang Matematika, yang pada dasarnya sangat berperan dalam pengembangan komputer dan teknologi dari dahulu hingga sekarang dan peran itu tidaklah sedikit melainkan sangatlah besar, dan itu tak terlepas dari peran Al Khawarizmi di dalamnya. Dia dikenal sebagai bapak dari algoritma dan juga penemu aljabar. Dengan Algoritma pemrograman komputer menjadi lebih efektif dan efisien.

Pada zaman sekarang, sudah banyak berbagai aplikasi dan program komputer yang menggunakan penerapan matematika di dalamnya. Contohnya adalah penerapan vektor pada aplikasi desain grafis. Grafis adalah gambar yang ada di atas layer computer dan tersusun di atas koordinat — koordinat X dan Y. Grafis vektor adalah objek gambar yang dibentuk melalui kombinasi titik — titik dan garis dengan menggunakan rumus matematika tertentu.

Matriks sangat penting dalam ilmu komputer, karena matriks digunakan untuk menyatakan posisi/koordinat suatu titik, garis, ataupun objek. Contohnya penerapan pada video games, beberapa hal yang sering anda temui, misalnya objek bergerak, ukuran objek membesar / mengecil, objek berputar arah, dsb. Hal itu dilakukan dengan transformasi geometri seperti translasi, rotasi, dan dilatasi yang membutuhkan pemahaman tentang matriks. Begitu juga dengan film animasi yang anda tonton. Jadi pengolahan objek pada film atau game yang anda mainkan dilakukan dengan cara menetapkan koordinat untuk setiap objek, lalu menerapkan translasi untuk bergerak, dilatasi untuk memperbesar/memperkecil ukuran, dan rotasi untuk berputar.

Artificial Intelligence atau disingkat menjadi AI merupakan hasil dari penerapan logika matematika, Artificial Intelligence atau Kecerdasan Buatan tidak selalu berbentuk seperti JARVIS yang ada pada film fiksi Iron Man maupun robot, AI lebih luas dari itu. Tanpa disadari AI telah banyak digunakan dalam kehidupan sehari – hari, contohnya adalah fitur Discover Weekly yang ada di aplikasi Spotify. Dengan fitur ini pengguna akan disuguhkan musik – musik baru yang mungkin belum pernah didengar pengguna, tetapi memiliki genre tersebut sama dengan selera penggunanya. Di dalam teknologi yang canggih tersebut penerapan ilmu matematika yang berperan besar dalam pembe machine learning, yakni statistika, kalkulus dan optimisasi, aljabar linier, dan probabilitas.

Kesimpulannya adalah matematika merupakan cabang dari ilmu – ilmu yang ada, matematika sangat berperan untuk memecahkan masalah dan membantu perkembangan zaman. Dengan adanya matematika mempermudah kerja atau memudahkan kita dalam membuat program atau biasa di sebut sebagai Problem Solving. Intinya adalah matematika sangat berperan dalam pengembangan komputer dari dulu sampai sekarang dan peran itu sangatlah besar.

Note Penulis bertanggung jawab atas semua isi tulisannya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ajukan Pertanyaan
1
Tanya kita aja!!!
Hubungi Kami!
Selamat datang kak di mediapublikasi.id
Silakan tanya-tanya dulu kebutuhannya kaka apa?

Segera kami respon