Penulis : Gambhi Bintang Nugroho, Universitas Pamulang

Sudah sangat kita ketahui bahwa AI atau yg kita sebut dengan kecerdasan buatan sudah mulai mempengaruhi kehidupan kita sehari hari. AI mulai masuk ke berbagai bidang kehidupan, tidak lepas juga dari bidang Pendidikan. Kecerdasan buatan ini sendiri sudah sangat mempengaruhi dari cara  Pendidikan berkembang. Tetapi dapat dipastikan bahwa AI ini sendiri belum diterapkan di semua instansi pedidikan. Peran AI sendiri dalam bidang pedidikan memiliki 2 pendekatan yang pertama sebagai pengganti mentor pengajar dan yg kedua adalah sebagai penyedia tempat ruang belajar.

Kecerdasan Buatan (AI) adalah bidang ilmu komputer yang dikhususkan untuk memecahkan masalah kognitif yang umumnya terkait dengan kecerdasan manusia, seperti pembelajaran, penciptaan, dan pengenalan gambar. Organisasi modern mengumpulkan data dalam jumlah besar dari beragam sumber, seperti sensor pintar, konten buatan manusia, alat pemantauan, dan log sistem. Tujuan menggunakan AI adalah untuk menciptakan sistem belajar mandiri yang memperoleh makna dari data.

Dengan adanya AI ini sendiri sudah dipastikan bahwa perkembangan zaman semakin maju tentu saja tidak lepas dari perkembangan dalam bidang Pendidikan. Tetapi dengan semakin mudahnya sesuatu hal dilakukan dengan bantuan teknologi maka akan semakin bergantung pula pengguna nya terhadap tekonologi tersebut. Sehingga diperlukan nya Batasan serta pengawasan terhadap penggunaan AI ini. Hal ini menjadi tanggung jawab kita sebagai pengguna.

Kesimpulan nya adalah kecerdasan buatan atau AI sudah sangat mempengaruhi perkembangan dalam bidang Pendidikan, yg Dimana membuat Pendidikan semakin maju. Tetapi tidak dapat dipungkiri AI atau kecerdasan buatan ini memiliki berbagai macam kekurangan nya. Sehingga masih perlu evaluasi yg terus menerus seiring berkembang nya teknologi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *