Beberapa mahasiswa universitas pamulang melakukan kerja praktek pada SDN Ciater 03,untuk mengerjakan dan menyelesaikan program mata kuliah kerja praktek.SDN Ciater 03 didirikan pada tanggal 8 Agustus 1986.
Kerja praktek dijalankan selama 3(tiga) bulan terhitung mulai dari tanggal 19 Maret 2024 – 10 Juni 2024. Kegiatan KP diawali dengan pertemuan dengan perwakilan pada SDN Ciater 03. “Kegiatan KP (Kerja Praktek) kami ini dimulai dengan pertemuan bersama perwakilan pada SDN Ciater 03 untuk melakukan sesi wawancara. Wawancara yang kami lakukan itu terkait dengan profil instansi, sejarah singkat awal berdirinya SDN Ciater 03 ini, seperti apa sistem kerja, serta apa saja keluhan/kendala yang terdapat pada SDN Ciater 03 ini” ucap Luthfi.
Dalam kerja prakteknya, Luthfi menemukan beberapa kendala pada SDN Ciater 03. Salah satunya adalah dalam mengelola pencatatan dan pelaporan absensi masih menggunakan cara manual sehingga memerlukan waktu yang lama. “Setelah berdiskusi, kami menemukan kendala di SDN Ciater 03, yaitu dalam mengelola pencatatan dan pelaporan absensi masih menggunakan cara manual sehingga memerlukan waktu yang lama. Kami pun berencana membuat sistem informasi absensi guru berbasis web. Langkah awalnya, kami akan mengumpulkan data yang dibutuhkan dan memahami desain yang diinginkan oleh instansi
Pada tahap pengembangan berikutnya, para mahasiswa kerja praktek mulai merancang sistem manajemen keuangan berbasis web untuk memenuhi SDN Ciater 03 dalam mengotomatisasi absensi agar lebih efisien dan efektif.
“Selama proses pembuatan web, kami juga rutin berdiskusi dengan dosen pembimbing kami dan pembimbing kerja praktek di perusahaan mengenai kemajuan rancangan web. Bersama Bapak Saprudin, S.Kom., M.Kom., selaku dosen pembimbing mata kuliah kerja praktek ini, kami juga melakukan bimbingan yang terjadwal sesuai dengan mata kuliahnya.”
Dalam diskusi tersebut, kami menerima banyak masukan yang berguna untuk menyempurnakan desain sistem. Bapak Saprudin memberikan panduan tentang aspek efisiensi sistem yang akan digunakan, sementara pembimbing dari SDN Ciater 03 memberikan wawasan praktis mengenai kebutuhan khusus perusahaan.
Proses pengembangan ini melibatkan pengumpulan data dari instansi dan memahami secara mendalam desain sistem yang diinginkan. Langkah ini sangat penting untuk memastikan bahwa sistem yang dikembangkan benar-benar sesuai dengan kebutuhan operasional instansi dan dapat meningkatkan efisiensi kerja di SDN Ciater 03.
Dengan demikian, SDN Ciater 03 yakin bahwa sistem informasi absensi guru berbasis web ini akan menjadi langkah maju untuk meningkatkan kinerja instansi dan membantu pengambilan absensi yang lebih baik dengan analisis data yang akurat dan real-time.