Penulis : Diko Purwa Sulistyanto, Mahasiswa Teknik Informatika, Universitas Pamulang
Apa itu Genersi Z? Orang orang yang termasuk dalam Generasi Z ini adalah mereka yang lahir antara tahun 1995 – 2010. Pada generasi ini orang sudah lebih melek akan internet, meskipun tidak semua orang dapat mengakses interntet sesering sekarang meskipun pada generasi ini mampu mengoperasikan komputer walaupun haya mengetahui seperti Gmail, Facebook, Youtube, Game online diwarnet yang. Generasi ini sering disebut sebagai generasi internet atau generasi net diamana dapat mengetahui dunia maya dan memanfaat kecanggihan teknologi yang ada seperti mencari sumber belajar untuk tugas sekolah, bersosial media, bermain game, hingga sekedar mencari informasi di internet, editing video. Bahkan anak yang masih duduk dibangku sekolah dasar pun sudah mahir dalam mengakses internet. Oleh karena itu hal ini menjadi tantangan tersendiri untuk guru masa kini mampu atau tidak mengikuti dan menjawab tantangan dengan cara mampu memahami dan menyediakan media pembelajaran berbasis teknologi agar sesuai dengan kebutuhan dan minat siswa generasi-z.
Kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence merupakan teknologi masa kini yang dipercaya memiliki potensi yang sangat baik kedepannya di dalam dunia pendidikan adalah salah satunya adalah Mentor virtual, sesuai dengan namanya dimana program ini merupakan kecerdasan buatan yang bisa memberikan umpan balik dari aktivitas belajar tatap muka dan latihan soal para siswa, memberikan rekomendasi materi yang perlu dipelajari kembali layaknya seorang guru atau tutor. bahwa penggunaan sistem kecerdasan buatan dapat menciptakan proses belajar-mengajar yang lebih efektif. Dengan sistem kecerdasan buatan, performa guru terbantu dan terdukung dengan baik karena adanya sistem yang dapat mengasistensi proses mengajar siswa. Konten-konten pembelajaran digital yang terpersonalisasi juga dapat dihadirkan berkat AI dan machine learning. Buku-buku teks yang tebal kini dapat dipilah-pilah menjadi konten yang lebih ringkas, lebih enak dibaca dan dipahami, seperti panduan belajar, ringkasan, flashcard, atau catatan pendek
Meskipun kecerdasan buatan sudah tidak terdengar asing di indonesia masih banyak sekali orang yang kurang mengetahui apa itu kecerdasan buatan , kecerdasan buatan masih memiliki berbagai permasalahan salah satunya adalah kurangnya ketersediaan data data yang masih kurang, kurangnya edukasi mengenai apa itu kecerdasan buatan pada sebelum generasi Z, terutama data sangat diperlukan agar bisa membuat algoritma yang bisa mengajari AI untuk membuat suatu proses berjalan, sehingga membuat teknologi kecerdasan buatan.

Gambar 1. Kecerdasan Buatan Dalam Bidang Pendidikan
Sumber :
Referensi :
- Astawa, N. L. P. N. S. P., & Permana, P. T. H. (2020). Media Pembelajaran dengan Kecerdasan Buatan dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Generasi-Z. Jurnal Sains Sosio Humaniora, 4(2), 756–767. https://doi.org/10.22437/jssh.v4i2.11540
- Pabubung, M. R., Keilahian, F., Sanata, U., & Yogyakarta, D. (2021). Epistemologi Kecerdasan Buatan (AI) dan Pentingnya Ilmu Etika. Epistemologi Kecerdasan Buatan (AI) Dan Pentingnya Ilmu Etika, 4(2), 152–159.
- Suparno, P. (2019). Menyikapi Penggunaan Artificial Intelligence ( AI, Kecerdasan Buatan) Dalam Pendidikan Fisika. Seminar Pendidikan Nasional, 1–10.
NOTE :
Penulis bertanggung jawab atas semua isi tulisanya