Nama Penulis: Azhar Ramdhani, Bangkit Sunarno, M. Jundi Fadlurochman (Mahasiswa Teknik Informatika, Universitas Pamulang)
Legok Tangerang, 15 Juli 2024 – KANTOR DESA BABAT dengan bangga mengumumkan bahwa telah selesainya Proyek Kerja Praktek (Magang) mahasiswa dari Universitas Pamulang yaitu Azhar Ramdhani, Bangkit Sunarno, dan M. Jundi Fadlurochman dengan tajuk Kerja Praktek “Sistem Aplikasi Pelayanan Surat Administrasi Desa”
Proyek yang dilakukan adalah pembuatan aplikasi berbasis website untuk Pelayanan Surat Administrasi Desa dengan menggunakan model Agile dan menggunakan bahasa pemrograman PHP. Mahasiswa tersebut juga mendapatkan bimbingan oleh Al Hujaepi selaku Sekertaris Desa Babat.

Gambar 1. Arahan Dari KANTOR DESA BABAT
Pelayanan administrasi desa berbasis digital merupakan salah satu inovasi terbaru yang dilakukan oleh pemerintah dalam rangka meningkatkan pelayanan publik di tingkat desa.
Melalui pemanfaatan teknologi digital, pelayanan administrasi desa dapat dilakukan secara lebih cepat, mudah, dan transparan.
Pelayanan administrasi desa berbasis digital menawarkan berbagai manfaat bagi perangkat desa dan masyarakat. Beberapa di antaranya adalah:
- Efisiensi dan Efektivitas : Proses pelayanan menjadi lebih cepat dan efektif, karena semua data tersimpan dalam sistem digital yang dapat diakses dengan mudah oleh perangkat desa.
- Transparansi dan Akuntabilitas : Dengan sistem digital, semua transaksi dan kegiatan desa dapat dipantau dan dipertanggungjawabkan, sehingga meningkatkan transparansi dan akuntabilitas perangkat desa.
- Keamanan Data : Data-data yang tersimpan dalam sistem digital lebih aman, karena dilindungi oleh sistem keamanan yang kuat.
Pelayanan administrasi di desa-desa kini memasuki era baru. Semuanya berkat keberadaan teknologi digital yang membuat semua urusan menjadi lebih mudah dan efisien. Kehadiran aplikasi dan sistem berbasis digital telah mengubah cara kerja perangkat desa dalam melayani masyarakat. Dari mulai pencatatan data warga, pengelolaan keuangan desa, hingga pembuatan laporan kegiatan, semuanya bisa dilakukan secara digital.

Gambar 2. Proses Input Data (Sumber: Doc. Pribadi)
Mahasiswa Universitas Pamulang telah berhasil mengimplementasikan sistem iformasi pelayanan surat berbasis web di Kantor Desa Babat. Inisiatif ini bertujuan untuk mengatasi masalah kerumunan yang sering terjadi pada Pelayanan. Dengan sistem berbasis Web ini, masyarakat dapat membuat surat secara online dan datang hanya menunjukan surat yang sudah di daftarkan online tersebut. Langkah inovatif ini tidak hanya meningkatkan efisiensi pelayanan, tetapi juga membantu menjaga protokol kesehatan dengan mengurangi kerumunan dan kontak fisik di area antrian.

Gambar 3. Konsultasi dengan Sekertaris Desa (Sumber: Doc.Pribadi)
Dengan adanya project ini, Kantor Desa Babat berharap dapat terus mengembangkan strategi pemasaran digital yang inovatif dan memberikan manfaat bagi semua pihak yang terlibat sehingga dapat memberikan kontribusi yang signifikan terhadap warga.
Kami mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Kantor Desa Babat atas kesempatan dan kepercayaan yang diberikan kepada mahasiswa Universitas Pamulang untuk mengimplementasikan sistem informasi pelayanan surat. Dukungan dan kerjasama yang telah diberikan memungkinkan kami untuk menerapkan solusi inovatif yang bertujuan mengurangi kerumunan dan meningkatkan efisiensi pelayanan. Semoga kolaborasi ini memberikan manfaat yang signifikan bagi Kantor Desa Babat dan menjadi langkah awal untuk proyek-proyek bermanfaat di masa mendatang.