Nama Penulis : Rifaldi , Mahasiswa Teknik Informatika Universitas Pamulang

Gambar 1. Mobile Learning
Sumber gambar : https://www.istockphoto.com/id/ilustrasi/mobile-learning
Seiring dengan perkembangan teknologi industri 4.0 kedalam proses pembelajarannya dan mengingat kecenderungan masyarakat yang semakin dinamis dan mobile serta tuntutan kebutuhan pendidikan yang berkualitas dan beragam.
Melihat fenomena di atas, Mobile Learning hadir sebagai media pembelajaran alternatif karna konsep M-learning dikembangkan dengan format multimedia yang menyajikan teks, gambar, audio sehingga menjadi bahan belajar yang inovatif, kreatif, interaktif dan dapat digunakan dimana saja dan kapan saja
Namun disisi lain, belum banyak informasi mengenai pemanfaatan device elektronik, khususnya Smartphone sebagai media pembelajaran. Hal ini patut disayangkan mengingat tingkat kepemilikan dan tingkat pemakaian yang sudah cukup tinggi ini kurang dimanfaatkan untuk diarahkan bagi pendidikan. Kondisi ini tentu merupakan suatu keprihatinan yang harus segera dicarikan solusinya.
Pertama, tentu dari pihak sekolah/perguruan tinggi agar segera menerapkan konsep model pembelajaran tersebut agar tidak tertinggal oleh perkembangan industri 4.0 dan dapat beradaptasi dengan era kenormalan baru ini
Kedua yaitu sosialisasi diperbanyak agar masyarakat dapat mengetahui serta sadar akan pentingnya konsep pembelajaran Mobile Learning tersebut
Kesimpulannya, Dengan adanya inovasi pembelajaran tersebut, diharapkan siswa tidak akan jenuh dengan pembelajaran konvensional di dalam kelas saja, karena disamping itu mereka dapat melakukan pembelajaran melalui smartphone.
Refrensi :
- https://jurnalteknodik.kemdikbud.go.id/index.php/jurnalteknodik/article/view/452/290
- http://journal2.um.ac.id/index.php/jpe/article/view/3450
Note : Penulis bertanggung jawab atas semua isi tulisannya