Penulis : Bagas Rizaldy , Mahasiswa Teknik Informatika Universitas Pamulang
Apa itu AI (Artificial Intelligence) ?
Kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) adalah simulasi dari kecerdasan yang dimiliki oleh manusia yang dimodelkan di dalam mesin dan diprogram agar bisa berpikir seperti halnya manusia. Sebagai subjek yang didasarkan pada ilmu komputer, teori informasi, dan ilmu sistematis, AI (Artificial Intelegent)/ Kecerdasan Buatan adalah tentang simulasi, perluasan dan perluasan kecerdasan manusia.
Lalu apa fungsi dan penerapan AI dalam olahraga?
Sangat banyak dari fungsi dan penerapan AI dalam bidang olahraga tetapi secara fleksibel penerapan AI dalam olahraga dapat menghindari permasalahan di dalam bidang olahraga, merekam momen indah di dalam acara olahraga, dan memberikan arahan serta bimbingan untuk penelitian ilmiah olahraga.
Disini kita akan berfokus kepada penilitian dan analisi dari AI di bidang olahraga modern, AI yang mengacu kepada penelitian sangat membantu untuk meningkatkan fungsi otak manusia dan memberikan dorongan besar untuk inovasi teknologi dan reformasi secara keseluruhan.
Lalu apa saja contoh dari penelitian dan analisi dari AI dalam olahraga?
AI sebagai pendekatan untuk metode pelatihan olahraga yang efektif.
Dalam semua olahraga, kunci sukses terletak pada perencanaan pelatihan yang tepat dan pelaksanaan pelatihan pada tingkat tertinggi. Masalah yang terkenal dan paling populer dalam persiapan pelatihan adalah menemukan stimulus yang akurat pada waktu yang tepat untuk setiap atlet, dengan bantuan analisi dari AI dapat memudahkan para pelatih dan juga atlet pada tiap bidang olahraga untuk menentukan porsi atau komposisi Latihan yang efektif, menghindari cedera pada atlit dan juga kemungkinan efek dari tiap-tiap program olahraga yang telah di buat.
AI sebagai pendukung organisasi atau team.
Telah terbukti bahwa feedback merupakan salah satu cara terbaik untuk peningkatan prestasi dalam sebuah team maupun individu, oleh karena itu dengan adanya feedback dari AI yang menggunakan algoritma untuk selalu mencari dan menentukan hasil terbaik bagi team dan individu. Contoh team sepakbola dari inggris “LIVERPOLL FC” yang menerapkan system AI dalam sepakbola dari segi organisasi dalam dan luar team dapat sukses.
AI sebagai system prediksi dan feedback di bidang olahraga.
Bukan rahasia lagi memprediksikan suatu hasil merupakan hal penting dalam bidang olahraga, oleh dari itu AI bisa membatu kita mengkalkulasikan hasil dengan cepat yang mana nantinya dalam bentuk feedback suatu data yang bisa diteliti lebih lanjut oleh para peneliti sehingga memungkinkan kita untuk mencapai hasil terbaik dan paling efektif.
Contoh penerapan AI dalam olahraga secara langsung dengan system feedback :
Angkat Beban.

Gambar 1. Mesin latihan beban yang dilengkapi sensor dan gaya terpasang (load cell) dan jalan (rotary encoder) sensor ke mesin leg press.
Prosedur akuisisi data didasarkan pada sensor melekat pada berbagai peralatan olahraga, memungkinkan kumpulan karakteristik penting selama latihan. Untuk penelitian saat ini, mesin press kaki berat adalah dilengkapi dengan sel beban “load cell” (PW10A atau PW12C3, Hottinger Baldwin) dan rotary encoder (DP18, Altmann).
Olahraga Mendayung.

Gambar 2. Sistem feedback berbasis darat menggunakan simulator dayung (ergometer dayung) memberikan alternatif yang baik untuk latihan di atas air.
Mendayung membutuhkan urutan gerakan yang terkoordinasi dengan baik dan kuat serta teknik yang baik. Para peneliti telah mengidentifikasi waktu dan bentuk kurva percepatan pendayung pusat massa tentang perahu serta gaya yang diterapkan pada dayung merupakan faktor penting untuk kualifikasi dan kuantifikasi teknik pendayung.
Tenis Meja.

Gambar 3. Sistem feedback tenis meja.
(a) Robot tenis meja dengan penyesuaian tetap melayani bola pemain dalam interval pendek.
(b) Gambar yang diperbesar menunjukkan robot dan target pemain (persegi panjang putih di atas meja) secara lebih rinci.
Sistem ini mendeteksi posisi pukulan pada setengah meja, dapat memberi tahu kami seberapa akurat seorang pemain menempatkan bola saat melakukan tertentu tugas. Ini juga dapat memberikan feedback tentang dampak posisi dan waktu pukulan selama service. Selain itu, sistem akan membiarkan kita mengevaluasi serangkaian percobaan dan memberikan feedback secara ringkas.
Kesimpulan.
Diharapkan AI akan diterapkan secara luas di bidang olahraga. Namun, jika teknologinya diterapkan ke semua jenis olahraga, industri olahraga mungkin kehilangan beberapa keindahannya. Adanya beberapa “kesalahan atau human error” yang membuat beberapa acara olahraga menjadi menarik banyak perhatian. Oleh karena itu, masih diperlukan penelitian yang lebih mendalam dan komprehensif sebelum AI dapat secara ilmiah dan tepat diterapkan dalam olahraga.
Sumber gambar :
https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3761781/figure/fig003/
https://www.academia.edu/57063142/Rapid_Feedback_Systems_for_Elite_Sports_Training
https://html.scribdassets.com/6whdkgh0ao92kz26/images/2-3ea3fa8d1a.jpg
https://html.scribdassets.com/6whdkgh0ao92kz26/images/3-431aea39a3.jpg
Referensi Tulisan :
- Liebermann, D. G., Katz, L., Hughes, M. D., Bartlett, R. M., McClements, J., & Franks, I. M. (2002). Advances in the application of information technology to sport performance. In Journal of Sports Sciences (Vol. 20, Issue 10). https://doi.org/10.1080/026404102320675611
- Baca, A., & Kornfeind, P. (2006). Rapid feedback systems for elite sports training. IEEE Pervasive Computing, 5(4). https://doi.org/10.1109/MPRV.2006.82
- Mȩyk, E., & Unold, O. (2011). Machine learning approach to model sport training. Computers in Human Behavior, 27(5). https://doi.org/10.1016/j.chb.2010.10.014
- Novatchkov, H., & Baca, A. (2013). Artificial intelligence in sports on the example of weight training. Journal of Sports Science and Medicine, 12(1).
- McCabe, A., & Trevathan, J. (2008). Artificial intelligence in sports prediction. Proceedings – International Conference on Information Technology: New Generations, ITNG 2008. https://doi.org/10.1109/ITNG.2008.203
- Ding, P. (2019). Analysis of Artificial Intelligence (AI) Application in Sports. Journal of Physics: Conference Series, 1302(3). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1302/3/032044
Note : Penulis bertanggung jawab atas semua isi tulisannya