Nama Penulis : HARITS CHANDRA DEWATA, Teknik Informatika Universitas Pamulang
Zaman Revolusi Industri 4.0 manusia dituntut lebih maju dalam perkembangan teknologi terutama dalam bidang industri maupun pendidikan. Dalam pendidikan perlu adanya sebuah inovasi yang dapat mendorong kemajuan teknologi pendidikan dan hal tersebut dapat dilakukan dengan upaya Kecerdasan Buatan (Artficial Intellegence). Artficial Intellegence merupakan ilmu komputer yang mempelajari tentang pengembangan intelijen pada mesin agar dapat melakukan pekerjaan seperti dan sebaik yang dilakukan oleh manusia bahkan bisa lebih baik dari pada yang dilakukan manusia. Terdapat 3 faktor dalam Artficial Intellegence yaitu:
- Acting humanly, sistem yang dapat bertindak layaknya manusia.
- Thinking humanly, sistem yang bisa berpikir seperti halnya manusia.
- Think rationally, sistem yang mampu berpikir secara rasional.

Gambar 1. Kecerdasan Buatan
Sumber gambar:
Di Indonesia sendiri penggunaan kecerdasan buatan dalam bidang pendidikan belum mencapai tingkat persentase yang cukup tinggi. Kurangnya penggunaan kecerdasan buatan dalam bidang pendidikan dikarnakan kurangnya edukasi tentang kecerdasan buatan serta tujuan Kecerdasan buatan bidang.
Tujuan kecerdasan buatan di bidang Pendidikan memungkinkan sekolah atau institusi pendidikan menciptakan sebuah pengalaman belajar yang lebih personal. Dari analisis Kecerdasan Buatan terhadap data siswa, guru dan institusi pendidikan dapat mengetahui kecepatan belajar dan kebutuhan tiap siswa.
Salah satu contoh pengunaan kecerdasan buatan dalam bidang pendidikan adalah Blackboard. Blackboard sendiri merupakan aplikasi yang sering digunakan para pengajar untuk mempublikasi materi pembelajaran, pekerjaaan rumah, dan ujian serta diskusi dimana siswa dapat mengajukan pertanyaan dan tugas. Selain itu juga aplikasi ini dapat mengidentifikasi ketidakpahaman mahasiswa dalam materi tertentu serta memberikan solusi-solusi atas ketidakpahaman mahasiswa, salah satu solusinya berupa materi yang sudah dirilis oleh dosen yang sebelumnya telah diprogramkan. Sistem kecerdasan buatan ini juga akan terus belajar dan memperbarui informasi secara otomatis sesuai dengan kebutuhan dan kendala yang dihadapi siswa.
Cantumkan referensi tulisan anda :
1. Mohamad Yasin. (2021). ARTIFICIAL INTELLIGENCE (AI) UNTUK MENDUKUNG PEMBELAJARAN. https://komnasdikkediri.or.id/artificial-intelligence-ai-untuk-mendukung-pembelajaran/#:~:text=AI bisa memberikan umpan balik,layaknya seorang guru atau tutor.
2. Mulianingsih, F., Anwar, K., Shintasiwi, F. A., & Rahma, A. J. (2020). Artificial Intellegence Dengan Pembentukan Nilai Dan Karakter Di Bidang Pendidikan. IJTIMAIYA: Journal of Social Science Teaching, 4(2), 148. https://doi.org/10.21043/ji.v4i2.8625
3. Nurkholis. (2013). PENDIDIKAN DALAM UPAYA MEMAJUKAN TEKNOLOGI Oleh: Nurkholis Doktor Ilmu Pendidikan, Alumnus Universitas Negeri Jakarta Dosen Luar Biasa Jurusan Tarbiyah STAIN Purwokerto. 1(1), 24–44.
Note :
Penulis bertanggung jawab atas semua isi tulisannya