Nama Penulis : Wawan Setiawan, Mahasiswa Teknik Informatika Universitas Pamulang

Seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat pada masa sekarang,hal ini memungkinkan untuk tercipta atau berkembangnya sebuah indutsti baru. Salah satu industri yang ikut berkembang pada saat ini adalah Industri Game.Video Game sendiri sudah mulai muncul pada tahun 1950 an dimana seorang peneliti bernama Willy Higinbotham tentang sebuah game Ping Pong yang saat itu menjadi sebnuah game populer dan diyakini sebagai awal mula munculnya Video Game yang diikuti pada tahun 1970 hingga 1980an mulai bermunculan berbagai konsol game di dunia (Caesar, 2015).
Penerapan Kecerdasan Buatan di Game :

Gambar 2. Kecerdasan Buatan di Game
Didalam sistem ini berinteraksi dengan beberapa entity yaitu User (pemain), BFS mode, Heuristic mode, Modul Pemrograman, Selanjutnya entity-entity tersebut akan dibahas dibawah ini sebagai berikut :
1. User(Pemain) : Pemain disini untuk menginputkan data dan instruksi initial state dan goal state baik secara manual maupun acak, serta memilih metode tertentu.
2. BFS Mode : Metode algoritma pencarian buta atau tanpa berbekal informasi
3. Heuristic Mode : Metode algoritma dengan panduan atau berbekal informasi, metode yang digunakan mirip dengan BFS tetapi hanya saja menggunakan penyimpanan database.
4. Modul Pemrograman : Sarana pengolahan data dari input operator atau tempat user menginputkan data beserta metode. Dalam hal ini program sebagai compiler dan running menggunakan bahasa pemrograman Visual Basic 6.0. Jadi seluruh proses input/output dikendalikan oleh program.
Manfaat Kecerdasan Buatan di Game :
Penggunaan AI juga bermanfaat dalam pembuatan game dengan menjadi player dari game yang sedang dibuat dan akan menguji mekanik game sehingga dapat menemukan kesalahan jika ada. Di masa sekarang, developer biasanya akan menaruh AI dalam gamenya untuk menganalisa seluruh player yang memainkan gamenya, dan mencari tahu apa yang disenangi dari player tersebut lalu mengembangkan gamenya dari data yang telah dikumpulkan AI. Cara seperti ini mirip dengan AI pada browser di berbagai macam aplikasi seperti YouTube atau Instagram yang akan menampilkan rekomendasi atau saran video yang ingin pengguna lihat berdasarkan yang sering pengguna tonton sebelumnya. Dengan melihat berbagai macam fungsi tersebut, AI memiliki peran penting dalam perkembangan video games dan dengan gencarnya perkembangan AI saat ini maka diprediski berbagai macam jenis game juga akan mengikuti perkembangan tersebut. Mungkin nanti akan ada AI yang dapat membuat game dari benar-benar dasar dengan hanya memiliki data apa yang ingin pemain rasakan dengan bermain game tersebut, atau bahkan NPC yang dapat memahami perasaan pemain ketika berinteraksi dengannya dan bereaksi sesuai perasaan pemain tersebut
Note : Penulis bertanggung jawab atas semua isi tulisannya