Nama Penulis : Muhammad Alfa Rizi , Mahasiswa Teknik Informatika

Kecerdasan buatan ada di sekitar kita. Kami sering berinteraksi dengannya setiap hari – baik itu berbicara dengan Siri di perangkat Apple, menggunakan speaker pintar Alexa, atau berinteraksi dengan layanan penjawab digital di perusahaan utilitas Anda.
Perawatan kesehatan telah sangat diuntungkan dari penggunaan kecerdasan buatan, ditambah dengan kemajuan teknologi modern. Misalnya, dekade terakhir telah menjadi saksi kebangkitan operasi robotik: dari 2012 hingga 2018, penggunaan robot untuk semua prosedur bedah umum telah meningkat dari 1,8% menjadi 15,1%, menurut analisis baru-baru ini. Proses digitalisasi dan operasi perawatan, serta adopsi sistem rekam medis elektronik, telah memberikan peluang besar untuk kolaborasi dan kesinambungan perawatan antara rumah sakit dan penyedia.
Gelombang inovasi teknologi berikutnya dalam perawatan kesehatan melampaui robot dan catatan elektronik untuk menganalisis data dan memberikan wawasan prediktif. Misalnya, kecerdasan buatan (AI) dapat memprediksi kondisi kesehatan dan memberikan nasihat untuk pengobatan dan menentukan dampak interaksi obat tertentu. Ini juga dapat mempercepat pengembangan vaksin, seperti yang terjadi pada beberapa vaksin pertama untuk COVID-19.
Sekarang, AI semakin dieksplorasi untuk digunakan dalam pengaturan perawatan kesehatan oleh penyedia, pembayar asuransi kesehatan, dan perusahaan ilmu kehidupan.
Apa Itu AI?
Sederhananya, AI adalah kecerdasan yang dihasilkan komputer berdasarkan pengetahuan dan informasi yang diberikan sebagai input oleh manusia untuk mensimulasikan cara manusia berpikir dan bertindak. Anda mungkin menemukan AI saat menggunakan pengenalan suara komputer di ponsel atau perangkat elektronik yang mendukung suara termasuk speaker rumah atau asisten digital seperti Siri atau Alexa; selama panggilan telepon di mana sistem layanan pelanggan digital meniru manusia saat menavigasi menu opsi, atau saat mengobrol dengan agen virtual di situs web. Berikut adalah beberapa cara sederhana AI sudah digunakan di bidang medis:
- Penjadwalan janji temu online dan check-in untuk janji temu
- Panggilan, email, dan teks pengingat janji dan imunisasi
- Dosis obat dan algoritma interaksi obat
- Dukungan keputusan klinis untuk penyedia
- Analisis gambar termasuk CT scan, X-ray dan MRI
Radiologi adalah salah satu bidang utama dalam kedokteran yang telah melihat peningkatan penggunaan AI untuk membantu ahli radiologi dalam menganalisis gambar, termasuk penggunaan diagnostik berbantuan komputer dalam pemeriksaan mamografi untuk kanker payudara.
Apa Kemungkinan AI Dalam Pelayanan Kesehatan?
Aplikasi AI skala besar untuk membantu mendeteksi penyakit dan mendiagnosisnya adalah bagian dari apa yang diyakini banyak orang sebagai masa depan kedokteran.
Sistem perawatan kesehatan menghasilkan sejumlah besar data tentang pasien, yang menciptakan peluang untuk menerapkan AI untuk memproses dan menghasilkan wawasan yang dapat ditindaklanjuti bagi para profesional medis. Sistem dapat diajarkan untuk mengenali pola dalam kumpulan data untuk membantu mengidentifikasi sekelompok gejala atau anomali tertentu dalam sebuah gambar. Mesin dapat dilatih untuk skenario tertentu menggunakan pembelajaran mesin (ML) dan menyimpan pengetahuan dan model mesin, yang biasa disebut sebagai algoritme.
Algoritme yang menganalisis kumpulan data dapat memberikan kemungkinan bahwa pasien akan berisiko mengalami pembekuan darah, misalnya, berdasarkan detak jantung dan tekanan darah mereka. Mereka juga dapat memprediksi apakah pasien akan memerlukan operasi lutut, sebagai contoh lain, berdasarkan gejala dan faktor lainnya.
Jenis penggunaan AI ini memiliki peluang luar biasa untuk perawatan kesehatan yang lebih dipersonalisasi di masa depan karena penyedia akan dapat merekomendasikan langkah-langkah pencegahan dan opsi perawatan dengan lebih baik – dan pada akhirnya, meningkatkan aksesibilitas perawatan yang dipersonalisasi dan mendorong hasil kesehatan yang lebih baik untuk semua.
Note : Penulis bertanggung jawab atas semua isi tulisannya