
Tangerang Selatan, 23 Juni 2025 – Dalam rangka mendukung digitalisasi layanan pendidikan, tiga mahasiswa dari Program Studi Teknik Informatika Universitas Pamulang berhasil merancang dan mengimplementasikan sistem informasi sekolah berbasis web di SDN Bojongsari 4. Proyek ini merupakan bagian dari kegiatan Kerja Praktek yang berlangsung pada Semester Genap Tahun Akademik 2024/2025.
Tim mahasiswa yang diketuai oleh Widiya Lajaa, bersama anggota Muhammad Rizky Trihandono dan Rangga Chrisna Putra, memilih SDN Bojongsari 4 sebagai mitra kerja praktek setelah melakukan observasi dan analisis kebutuhan di lapangan. Sekolah ini merupakan lembaga pendidikan yang menaungi jenjang sekolah dasar (SD), dan beralamat di Jl.Pelita Jaya, Bojongsari Baru, Kec. Bojongsari, Kota Depok, Jawa Barat. Sebelumnya, sekolah ini masih menjalankan Sistem informasi sekola secara manual, sehingga tim melihat peluang besar untuk menghadirkan solusi digital yang efisien dan modern.
Sistem informasi berbasis website ini dikembangkan menggunakan metode Waterfall, yang memungkinkan proses pembangunan sistem dilakukan secara bertahap dan terstruktur melalui analisis perancangansampai pada tahap pengujian dan pengembangan sistem. Sistem mencakup halaman informasi lengkap seputar sekolah, seperti profil, visi-misi, kegiatan, galeri, berita dan kontak sekolah.
Pengerjaan proyek ini dilakukan dengan dukungan penuh dari pihak sekolah. Izin resmi diberikan oleh Ibu Rohimah, S.Pd., selaku kepala sekolah SDN Bojongsari 4. Tim juga mendapatkan bimbingan langsung dari Ibu Sri Gusti Ayu dan Bapak Iqbal Yoga Ginanjar, S.Pd., yang bertindak sebagai pembimbing lapangan dari pihak instansi.
“Kami berharap sistem ini dapat membantu sekolah dalam menyebarkan informasi secara cepat serta akurat melalui satu platform resmi sekolah dan mendukung transparasi data sekolah,” ujar Widiya Lajaa, ketua tim pengembang.
Sistem ini telah berhasil diimplementasikan dan diuji menggunakan metode Black Box Testing, dengan hasil yang valid dan sesuai harapan. Proyek ini tidak hanya memberikan dampak positif bagi SDN Bojongsari 4, tetapi juga menjadi bentuk nyata kontribusi mahasiswa dalam mendorong kemajuan pendidikan berbasis teknologi.
Keberhasilan ini turut mendapat apresiasi dari dosen pembimbing akademik, Saprudin, S.Kom., M.Kom., yang menyatakan bahwa kolaborasi seperti ini dapat menjadi model ideal dalam pelaksanaan kerja praktek mahasiswa yang berdampak langsung kepada masyarakat.
Dengan semangat inovasi dan kolaborasi lintas institusi, diharapkan proyek ini dapat menjadi inspirasi bagi lembaga pendidikan lainnya untuk mulai bertransformasi secara digital demi meningkatkan mutu layanan pendidikan di Indonesia.