Nama Penulis : Iqbal Alfarizki Gunadi, Mahasiswa Teknik Informatika

Saat ini kita sedang berada di tengah-tengah revolusi industri, kemajuan teknologi yang memberikan akses terhadap dunia pendidikan secara luas. Fenomena ini memberikan tantangan bagi dunia pendidikan bagaimana dunia pendidikan menghadapi fenomena Articial Intelegensi (AI) atau Kecerdasan Buatan.

Apa Itu AI ?

 Artificial Intelligence (AI) adalah ‘payung istilah’ untuk menyebut simulasi proses kecerdasan dan pemikiran manusia oleh mesin-mesin yang terhubung dengan lautan data dan informasi. Sistem kecerdasan buatan digunakan dalam proses pembelajaran di percaya dapat meningkatkan siswa dalam melakukan proses pembelajaran yang mandiri. Dengan menggunakan sistem kecerdasan buatan pada dunia pendidikan dapat meningkatkan siswa dalam melakukan kegiatan belajar yang aktif. Hal ini sesuai dengan konsep pendidikan abad 21 yang berfokus pada peran siswa di dalam pembelajaran. Dengan sistem kecerdasan buatan, performa guru dapat terdukung dengan baik karena adanya sistem yang dapat mengasistensi proses mengajar siswa. Guru dapat  lebih  berfokus  kepada  hal-hal  fundamental  lainnya  seperti  merancang pembelajaran dan metode pendekatan atau pengajaran yang akan diimplementasikan saat mengajar.

Apa Proses dan Peran Kecerdasan Buatan Dalam Pendidikan ?

                Dalam proses pengembangan atau pemograman kecerdasan buatan di dunia pendidikan beroperasi dengan menggunakan teknologi terhadap pengenalan benda dalam sistem kecerdasan buatan di harapkan dapat membantu guru serta siswa dalam proses belajar mengajar. Sehingga kecerdasan buatan tersebut dapat digunakan baik di dalam ruangan maupun di luar ruangan.

Peran kecerdasan buatan dalam pendidikan dapat dilihat meningkatkan efisiensi, produktivitas, dan kenyamanan, memberikan sektor ini berbagai manfaat yang berbeda. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang sangat pesat memberikan dampak yang besar terhadap kehidupan manusia. Banyak kemudahan dan inovasi yang diperoleh dengan adanya dukungan teknologi digital. Layanan menjadi lebih cepat dan efisien serta memiliki jangkauan koneksi yang lebih luas dengan sistem online.

Note : Penulis bertanggung jawab atas semua isi tulisannya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.