Nama Penulis : Aditya Dharma putra, Mahasiswa Teknik Informatika Universitas Pamulang

Kecerdasan buatan (AI) membentuk kembali layanan, inovasi kreatif berteknologi tetapi juga dapat mengancam pekerjaan manusia. AI akan menggantikan beberapa tugas pekerjaan layanan, tahap transisi dilihat sebagai augmentasi, dan akan berkembang untuk menggantikan tenaga manusia sepenuhnya ketika memiliki kemampuan untuk mengambil alih semua tugas pekerjaan. 

Perkembangan AI menggantikan keterampilan analitis menjadi kurang penting, karena AI mengambil alih lebih banyak tugas analitis, memberikan keterampilan intuitif dan empati yang “lebih lembut” bahkan lebih penting bagi karyawan layanan. Akhirnya, AI akan mampu melakukan bahkan tugas-tugas intuitif dan empatik, yang memungkinkan cara-cara inovatif integrasi manusia-mesin untuk menyediakan layanan tetapi juga menghasilkan ancaman mendasar bagi pekerjaan manusia. dan kemudian berkembang untuk menggantikan tenaga manusia sepenuhnya ketika ia memiliki kemampuan untuk mengambil alih semua tugas pekerjaan. 

Dan, dengan AI saat ini, kueri kompleks yang diteruskan ke agen manusia Anda tidak lagi menjadi beban. Bangun asisten virtual yang memungkinkan karyawan Anda dengan mudah mencari basis data internal untuk menemukan jawaban yang mereka cari, menghilangkan kebutuhan untuk menggali melalui sumber yang berbeda.

10 alasan mengapa AI harus ditingkankan untuk layanan otomatis :

1. Tindakan pencegahan

asisten virtual akan dapat memprediksi apa yang dicari pelanggan Anda dengan memahami bagaimana pengguna berinteraksi dengan merek Anda. 

Sistem dengan AI yang disematkan dapat memantau situs web dan aktivitas dalam aplikasi dalam jumlah yang hampir tak terbatas untuk indikator marabahaya, mengidentifikasi pelanggan yang mengalami masalah dan apa masalahnya. Sistem dapat merespons secara real-time menawarkan dukungan melalui FAQ atau agen layanan virtual di seluruh platform dan perangkat.

2. Munculnya aplikasi perpesanan

Layanan pesan adalah ruang baru bagi organisasi untuk terhubung dengan pelanggan yang sudah ada dan yang akan datang. Bisnis sekarang memiliki kesempatan untuk menciptakan aliran pendapatan baru menggunakan bot layanan pelanggan yang disesuaikan secara real-time dalam aplikasi perpesanan.

3. Anda hanya perlu melatih mereka sekali

Platform otomasi dapat menawarkan penghematan waktu dan biaya yang besar dalam ruang ini. AI memungkinkan Anda untuk menyediakan agen Anda dengan sumber daya yang mereka butuhkan untuk menjadi sukses, sehingga mengurangi omset. 

Ini adalah fitur yang sangat kuat dalam hal perubahan proses perusahaan. Daripada melatih ulang seluruh tenaga kerja, dengan tekno logi ai hanya di perlu mengkonfigurasi ulang perangkat lunak dan sebagian besar dapat diotomatisasi. Lebih baik lagi, platform layanan pelanggan ini membantu membebaskan karyawan dari permintaan dukungan yang membuat mereka lelah bekerja, sehingga mereka dapat fokus pada tugas yang lebih menantang dan kreatif yang mendukung kebutuhan kompleks pelanggan mereka.

4. Layanan pelanggan yang selalu aktif

Layanan pelanggan otomatis tidak dibatasi oleh zona waktu atau hari libur. Ini memberi organisasi kemampuan untuk memberikan layanan pelanggan yang selalu aktif untuk menyelesaikan masalah segera setelah masalah itu muncul. Ini berarti pertanyaan pelanggan dapat diselesaikan 24 jam sehari, dan tidak perlu menunggu berjam-jam atau bahkan berhari-hari untuk mendapatkan tanggapan. 

5. Layanan yang dapat diandalkan, dimanapun pelanggan membutuhkannya

 

Layanan pelanggan yang didukung oleh teknologi AI memberikan tingkat keandalan yang tidak dapat ditandingi oleh rekan-rekan manusianya.  Layanan akan dirancang untuk tidak marah dan berdebat dengan pelanggan. Semua ini membantu meningkatkan interaksi layanan pelanggan, yang dapat memiliki pengaruh besar pada bisnis yang berulang.

6. Inovasi dengan penghematan biaya

 

Teknologi baru dan inovatif dapat memberikan layanan tingkat lanjut dibandingkan layanan pelanggan konvensional dengan biaya yang lebih murah yaitu dengan  menggabungkan pembelajaran mesin dan pengenalan suara tingkat lanjut untuk meningkatkan sistem respons suara interaktif konvensional, sekaligus memberikan penghematan.

7. Kebutuhan akan kecepatan

AI tidak hanya dapat membantu Anda menjangkau pelanggan lebih cepat dengan layanan mandiri, tetapi agen manusia Anda akan lebih cepat dengan asisten virtual di sisi mereka. Agen hari ini berjuang untuk mengikuti tingginya volume pertanyaan yang masuk, dan menemukan bahwa sebagian besar waktu yang mereka miliki dihabiskan untuk menjawab FAQ umum. Gunakan otomatisasi dan AI untuk memberi agen Anda data real-time yang mereka butuhkan untuk melayani pelanggan dengan cepat.

8. Permintaan untuk opsi swalayan

teknologi ini menyelesaikan masalah layanan pelanggan mereka sendiri, beralih ke solusi swalayan termasuk FAQ, forum, dan obrolan online atau layanan bot. Dengan generasi berikutnya yang diharapkan lebih mandiri, teknologi layanan pelanggan otomatis akan menjadi sangat penting dalam menanggapi interaksi digital yang bebas manusia ini.

9. Personalisasi adalah kuncinya

Organisasi yang mengumpulkan data pelanggan dapat menggabungkan data besar, pembelajaran mesin, dan AI untuk memberikan tingkat personalisasi yang tak tertandingi sepanjang perjalanan pelanggan. Ini dapat berkisar dari rekomendasi produk sederhana berdasarkan pembelian sebelumnya, hingga situs web yang didesain ulang secara real-time untuk menyesuaikan dengan tingkat membaca dan kebiasaan menjelajah pelanggan individu.

10. Skalabilitas dengan kecepatan

Dengan bantuan AI dan chatbot yang terus belajar dari setiap interaksi, merek dapat dengan cepat beralih ke pasar geografis baru tanpa batasan mempekerjakan dan melatih staf yang berbicara bahasa lokal.

Note : Penulis bertanggung jawab atas semua isi tulisannya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.