Nama Penulis : Mochamad Ferrian Mulyadi, Mahasiswa Teknik Informatika Universitas pamulang
Layanan kesehatan merupakan salah satu jenis layanan publik yang merupakan hal penting dalam pembangunan kesehatan masyarakat dan memiliki peran yang sangat strategis dalam mempercepat peningkatan derajat kesehatan masyarakat. Hal tersebut yang melatarbelakangi pemerintah daerah dan swasta banyak membangun layanan kesehatan untuk memenuhi kebutuhan jasmani masyarakat. Semakin banyak layanan kesehatan yang dibangun, maka membuat masyarakat semakin sulit untuk memilih layanan kesehatan yang sesuai dengan kriteria yang diinginkan. Kualitas pelayanan merupakan kunci dari kepercayaan konsumen, dalam hal ini pengguna rumah sakit atau klinik. Akan tetapi, rumah sakit atau klinik sering kali mengalami kesulitan dalam mengukur kualitas pelayanannya.
Berkaitan dengan meningkatkan pelayanan kesehatan dibangunlah sistem penunjang keputusan (SPK) untuk mendukung pemecahan masalah dan meningkatkan kemampuan pengambil keputusan dengan memberikan alternatif keputusan yang lebih baik sehingga dapat membantu untuk menetapkan sebuah keputusan.
Ada beberapa kriteria yang dipilih masyarakat dalam menentukan pilihan pada layanan kesehatan yang dituju. Beberapa kriteria diantaranya pelayanan, fasilitas dan biaya. Oleh karena itu, perlu adanya alat atau sistem untuk menentukan pilihan yang tepat sesuai dengan kriteria yang diinginkan oleh konsumen.
Sistem Penunjang Keputusan (SPK) dapat membantu penilaian terhadap layanan kesehatan, menentukan kriteria dan nilai bobot, yang dapat memudahkan pengguna layanan kesehatan untuk memilih dan mendapatkan informasi berkaitan dengan layanan kesehatan yang sesuai dengan kriteria yang dipilih. Dan dapat memberikan penilaian terhadap layanan kesehatan yang sesuai dengan sudut pandang pengguna layanan kesehatan. Kriteria pada rumah sakit dan klinik sebagai layanan kesehatan dapat diaplikasikan menggunakan Sistem Penunjang Keputusan.
Dengan adanya SPK ini hasil Prioritas layanan kesehatan yang didapatkan bisa langsung disesuaikan sehingga dapat menghasilkan layanan kesehatan terpilih, dan diharapkan mampu membantu menyelesaikan permasalahan dalam meningkatkan pelayanan kesehatan terbaik dan optimal untuk Rumah Sakit dan klinik dalam melayani konsumen
Contoh :

Gambar 1. Pelayanan kesehatan
Sumber gambar :
Noted : Penulis bertanggung jawab atas isi tulisannya