Penulis : ADITYA BAYU NUGROHO

Teknologi kecerdasan buatan (Artificial Intellegence) AI  terus dikembangkan oleh para ahli sehinggan  dapat berkembang pesat. H. A. Simon mengklaim bahwa kecerdasan buatan (AI) adalah bidang yang memungkinkan komputer melakukan tugas-tugas yang lebih unggul dari manusia. Knight dan Rich setuju dengan Simon bahwa kecerdasan buatan (AI) adalah cabang ilmu komputer yang memandang upaya membangun komputer sebagai sesuatu yang dapat dilakukan manusia, bahkan lebih baik dari itu.

Artificial Intelligence (kecerdasan buatan) sangat berperan yang semakin signifikan dalam mengubah cara siswa belajar dan cara guru mengajar menjadi lebih ringan dan lebih mudah. Namun, seperti halnya inovasi apa pun, ada pro dan kontra dari Artificial Intelligence (kecerdasan buatan) ketika memasukkannya ke dalam kelas dan ketika ada terlalu banyak tantangan yang terjadi di dalam kelas dan di sinilah inovasi dan ide manusia akan muncul.

Di dalam perkembangan zaman modern ini, pengunaan terhadap teknologi Artificial Intelligence (kecerdasan buatan) berkembang pesat di dalam dunia Pendidikan saat ini. Artificial Intelligence hadir dapat membantu dan membuat tugas sehari-hari kita menjadi lebih ringan, lebih mudah dan dapat menyelesaikan aktivitas apa pun yang ingin kita selesaikan  dalam hitungan detik.

Ada beberapa pro dan kontra Artificial Intelligence (Kecerdasan Buatan) Terhadap Pendidikan

Pro terhadap Pendidikan :

  1. Personal Pembelajaran Di Kelas : Artificial Intelligence dapat menyediakan pengalaman pembelajaran yang disesuaikan dengan kebutuhan individu siswa. Ini dapat membantu siswa belajar dengan cara yang paling efektif bagi mereka, memaksimalkan pemahaman dan retensi materi.
  2. Mengajar Interaktif Di Kelas: Sistem Artificial Intelligence dapat memberikan pengalaman pembelajaran yang interaktif dan mudah, seperti tutor virtual atau permainan pembelajaran, yang dapat membuat proses belajar lebih mudah dan menyenangkan bagi siswa di dalam kelas.
  3. Mengenal Pola Di Kelas: Artificial Intelligence dapat digunakan untuk menganalisis pola perilaku dan kinerja siswa di dalam kelas. Dengan memahami pola ini, guru dan sistem pembelajaran dapat memberikan umpan balik yang lebih terarah dan memberikan bantuan tambahan kepada siswa yang membutuhkan dan memudahkannya.

Kontra terhadap Pendidikan :

  1. Kekurangan Interaksi terhadap Manusia : Meskipun Artificial Intelligence dapat menyediakan bantuan pembelajaran yang lebih efisien, kehadiran manusia dalam pembelajaran daring tetap lah sangat penting. Keterlibatan guru dalam memberikan motivasi dan koneksi manusiawi sulit untuk digantikan oleh Artificial Intelligence.
  2. Ketergantungan Teknologi Pembelajaran :Pada teknologi Artificial Intelligence dalam pendidikan dapat menyebabkan masalah jika terjadi kegagalan sistem atau gangguan teknis lainnya, dan dapat mengganggu proses pembelajaran daring dan menghambat kemajuan siswa.
  3. Privasi dan Keamanan Data di akses : Penggunaan Artificial Intelligence dalam pendidikan menghadirkan masalah privasi dan keamanan data saat di akses, terutama ketika ada data yang sangat sensitif siswa digunakan atau disimpan oleh sistem Artificial Intelligence. Perlindungan data pribadi menjadi sangat penting untuk dipertimbangkan kedepanya.

Nama    : Aditya Bayu Nugroho

Nim     : 211011400230

Kelas    : 06TPLP003

Universitas Pamulang

Refrensi : https://www.classpoint.io/blog/id/pro-dan-kontra-ai-dalam-pendidikan-dan-dampaknya-terhadap-guru-di-tahun-2023

Noted : Penulis bertanggung jawab atas isi tulisannya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *