Nama Penulis: Andini Septia Cahyani Hulu, Asha Riska Amalia, Suiti (Mahasiswa Teknik Informatika, Universitas Pamulang)
Parungpanjang, 12 Juli 2024 – PT BPR Bogor Jabar (Perseroda) dengan bangga mengumumkan bahwa telah selesainya Proyek Kerja Praktek (Magang) mahasiswa dari Universitas Pamulang yaitu Andini Septia Cahyani Hulu, Asha Riska Amalia, dan Suiti dengan tajuk Kerja Praktek “Implementasi Sistem Informasi Berbasis Qr Code Guna Mencegah Kerumunan Dalam Antrian Customer Service di PT BPR Bogor Jabar (Perseroda)”
Proyek yang dilakukan adalah pembuatan aplikasi berbasis website untuk manajemen informasi antrian dengan menggunakan model Agile dan menggunakan bahasa pemrograman PHP. Mahasiswa tersebut juga mendapatkan bimbingan oleh Andry Januarizki, S.Kom selaku Kepala Bagian IT dan Pelaporan di PT BPR Bogor Jabar (Perseroda).

Gambar 1. Arahan dari PT BPR Bogor Jabar (Perseroda)
Dalam era digital yang semakin maju, berbagai badan usaha yang bergerak dalam bidang pelayanan jasa berkewajiban untuk mempertahankan dan meningkatkan jumlah customer. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan mempersiapkan mutu pelayanan prima melalui budaya pelayanan yang prima dengan tujuan untuk meningkatkan kepuasan customer dan memperluas jaringan pelayanan.
Salah satu contoh badan usaha yang memiliki keharusan agar customer mengantri melibatkan berbagai pihak yang berinteraksi langsung dengan layanan perusahaan sehingga penting untuk menyediakan layanan yang komprehensif dan personal. System antrian ini juga merupakan upaya untuk menjaga ketertiban dan memberikan pelayanan yang adil sehingga memastikan bahwa setiap orang mendapatkan giliran sesuai dengan kedatangannya.

Gambar 2. Kondisi Pelayanan Sebelum Adanya Sistem Qr Code di PT BPR Bogor Jabar (Perseroda) (Sumber: Doc. Pribadi)
PT BPR Bogor Jabar (Perseroda) yang berlokasi di Parungpanjang Bogor – Jawa Barat mengalami perkembangan dan inovasi teknologi yang berkelanjutan dalam meningkatkan layanan. Pelayanan di kantor mengalami peningkatan jumlah customer dari tahun ke tahun tentu saja lama kelamaan dapat membuat sebuah crowded atau penumpukan dalam system pelayanan. Berdasarkan hal tersebut Bank BBJ harus melakukan optimalisasi pelayanan dengan mengefektifkan waktu pelayanan namun harus tetap mengutamakan kualitas, salah satu hal yang dapat dilakukan adalah dengan membuat model antrian yang cocok digunakan dalam berbagai pelayanan sehingga mencegah kerumunan juga diharapkan dapat meningkatkan pelayanan di Bank BBJ

Gambar 3. Proses Scan QR (Sumber: Doc. Pribadi)
Mahasiswa Universitas Pamulang telah berhasil mengimplementasikan sistem informasi antrian berbasis web di PT BPR Bogor Jabar (Perseroda). Inisiatif ini bertujuan untuk mengatasi masalah kerumunan yang sering terjadi pada layanan customer service. Dengan sistem berbasis QR code ini, pelanggan dapat mengambil nomor antrian secara online, memantau posisi antrian mereka secara real-time, dan datang tepat waktu saat giliran mereka tiba. Langkah inovatif ini tidak hanya meningkatkan efisiensi pelayanan, tetapi juga membantu menjaga protokol kesehatan dengan mengurangi kerumunan dan kontak fisik di area antrian.

Gambar 4. Kondisi Pelayanan Setelah Menerapkan Sistem Antrian Berbasis Web (Sumber: Doc. Pribadi)
Dengan adanya project ini, PT BPR Bogor Jabar (Perseroda) berharap dapat terus mengembangkan strategi pemasaran digital yang inovatif dan memberikan manfaat bagi semua pihak yang terlibat sehingga dapat memberikan kontribusi yang signifikan terhadap pertumbuhan jumlah customer.
Kami mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada PT BPR Bogor Jabar (Perseroda) atas kesempatan dan kepercayaan yang diberikan kepada mahasiswa Universitas Pamulang untuk mengimplementasikan sistem informasi antrian berbasis web di perusahaan ini. Dukungan dan kerjasama yang telah diberikan memungkinkan kami untuk menerapkan solusi inovatif yang bertujuan mengurangi kerumunan dan meningkatkan efisiensi pelayanan. Semoga kolaborasi ini memberikan manfaat yang signifikan bagi PT BPR Bogor Jabar (Perseroda) dan menjadi langkah awal untuk proyek-proyek bermanfaat di masa mendatang.