Penulis : Aditya Bayu Nugroho, Fajar Ari Yanto, Khoirul Sofyan, Saprudin

Beberapa mahasiswa Universitas Pamulang melakukan kerja praktek pada PT. Tripta Karya Konsultindo, untuk mengerjakan dan menyelesaikan program mata kuliah Kerja Praktek. PT. Tripta Karya Konsultindo didirikan pada tanggal 09 Desember 2019, dengan Akte PT. Tripta Karya Konsultindo Nomor 03. PT. Tripta Karya Konsultindo bergerak dibidang perencanaan Mekanikal dan Elektrikal untuk gedung-gedung bertingkat, pabrik-pabrik, pergudangan, perkantoran dan lain-lain.

Kerja Praktek dijalankan selama 3 (tiga) bulan terhitung mulai dari tanggal 19 Maret 2024 – 10 Juni 2024. Kegiatan KP diawali dengan pertemuan dengan perwakilan pada  PT. Tripta Karya Konsultindo dengan jabatan sebagai Drafter El untuk melakukan sesi wawancara.

“Kegiatan KP (Kerja Praktek) kami ini dimulai dengan pertemuan bersama perwakilan pada  PT. Tripta Karya Konsultindo untuk melakukan sesi wawancara. Wawancara yang kami lakukan itu terkait dengan profil perusahaan, sejarah singkat awal berdirinya PT. Tripta Karya Konsultindo ini, seperti apa sistem kerja, serta apa saja keluhan/kendala yang terdapat pada PT. Tripta Karya Konsultindo ini” ucap Adit.

Dalam kerja prakteknya, Adit menemukan beberapa kendala pada PT. Tripta Karya Konsultindo. Salah satunya adalah dalam mengelola pencatatan dan pelaporan keuangan masih menggunakan cara manual sehingga memerlukan waktu yang lama.

“Setelah berdiskusi, kami menemukan kendala di PT. Tripta Karya Konsultindo, yaitu dalam mengelola pencatatan dan pelaporan keuangan masih menggunakan cara manual sehingga memerlukan waktu yang lama. Kami pun berencana membuat sistem manajemen keuangan berbasis web. Langkah awalnya, kami akan mengumpulkan data yang dibutuhkan dan memahami desain yang diinginkan oleh perusahaan.”

Pada tahap pengembangan berikutnya, para mahasiswa kerja praktek mulai merancang sistem manajemen keuangan berbasis web untuk memenuhi kebutuhan PT. Tripta Karya Konsultindo dalam mengotomatisasi pencatatan dan pelaporan keuangan agar lebih efisien dan efektif.

“Selama proses pembuatan sistem, kami juga rutin berdiskusi dengan dosen pembimbing kami dan pembimbing kerja praktek di perusahaan mengenai kemajuan rancangan sistem. Bersama Bapak Saprudin, S.Kom., M.Kom., selaku dosen pembimbing mata kuliah kerja praktek ini, kami juga melakukan bimbingan yang terjadwal sesuai dengan mata kuliahnya.”

Dalam diskusi tersebut, kami menerima banyak masukan yang berguna untuk menyempurnakan desain sistem. Bapak Saprudin memberikan panduan tentang aspek efisiensi sistem yang akan digunakan, sementara pembimbing dari PT. Tripta Karya Konsultindo memberikan wawasan praktis mengenai kebutuhan khusus perusahaan.

Proses pengembangan ini melibatkan pengumpulan data dari perusahaan dan memahami secara mendalam desain sistem yang diinginkan. Langkah ini sangat penting untuk memastikan bahwa sistem yang dikembangkan benar-benar sesuai dengan kebutuhan operasional perusahaan dan dapat meningkatkan efisiensi kerja di PT. Tripta Karya Konsultindo.

Dengan demikian, PT. Tripta Karya Konsultindo yakin bahwa sistem manajemen keuangan berbasis web ini akan menjadi langkah maju untuk meningkatkan kinerja perusahaan dan membantu pengambilan keputusan yang lebih baik dengan analisis data yang akurat dan real-time.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *