Muhammad Luthfi Gifar 221011450449, Mugi Yanto 221011450506, Oktaviyanus 221011450237
Tangerang Selatan — Mahasiswa Program Studi Teknik Informatika Universitas Pamulang (UNPAM) melaksanakan kegiatan Kerja Praktek (KP) di SDN Pabuaran 1 pada periode 19 September hingga 6 Desember 2025. Pelaksanaan KP ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman mahasiswa dalam perancangan dan implementasi Game Edukasi Berbasis Web di Sekolah.

Kegiatan KP merupakan bagian dari kurikulum Prodi Teknik Informatika UNPAM yang memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk terjun langsung ke dunia Pendidikan. Melalui kegiatan ini, mahasiswa dapat memahami proses bisnis nyata, alur kerja, serta penerapan teknologi informasi dalam operasional sekolah.
Selama mengikuti KP di SDN Pabuaran 1, mahasiswa terlibat dalam berbagai aktivitas, seperti analisis kebutuhan sistem, perancangan database, pemrograman modul aplikasi internal, serta pembuatan dokumentasi teknis. Selain itu, mahasiswa juga mendapat kesempatan mempresentasikan progres Game Edukasi kepada Pihak Sekolah.
Dari kegiatan tersebut, mahasiswa menghasilkan prototipe pengembangan Game Edukasi berbasis web yang dirancang untuk membantu Sekolah dalam meningkatkan efisiensi metode pembemlajaran Guru. Hasil kerja ini diharapkan dapat menjadi referensi pengembangan Game Edukasi untuk Sekolah.

Salah satu mahasiswa peserta KP, Muhammad Luthfi Ghifar, menyampaikan, “Kami mendapatkan pengalaman baru yang sangat berharga, terutama dalam memahami alur kerja profesional dan bagaimana teknologi diterapkan langsung dalam Sekolah.”
Dosen pembimbing, Maulana Ardhiansyah, S.Kom., M.Kom., menambahkan, “Kerja Praktek ini menjadi sarana penting untuk menghubungkan teori yang dipelajari di kampus dengan praktik di lapangan. Kami berharap mahasiswa mampu membawa pulang pengalaman dan keterampilan baru.”
Perwakilan SDN Pabuaran 1, Guru Pendamping ditempat KP, Jepi Irawan, S.Pd.I, memberikan apresiasi, “Mahasiswa UNPAM mampu menunjukkan antusiasme dan kemampuan yang baik selama kegiatan. Kontribusi mereka sangat membantu perancangan Game Edukasi Berbasis Web di Sekolah.”


Dengan berakhirnya kegiatan ini, mahasiswa diharapkan semakin siap menghadapi dunia kerja di bidang teknologi informasi. Kegiatan KP ini juga memperkuat kerja sama antara Universitas Pamulang dan SDN Pabuaran 1 dalam pengembangan kompetensi mahasiswa.
