Penulis : Irene Dian Nirvani, mahasiswi teknik informatika universitas pamulang

Mengenal Kecerdasan Buatan

Gambar.1 Artificial Intelligence

Kecerdasan Buatan adalah simulasi dari kecerdasan yang dimiliki oleh manusia yang dimodelkan di dal.am mesin dan deprogram agar bias berfikir seperti layaknya manusia. Menurut Mc Leod & Schell, kecerdasan buatan yaitu aktivitas penyedian mesian seperti computer dengan kemampuan untuk menampilkan perilaku yang dianggap sama cerdasnya dengan kemampuan yang ditampilkan oleh manusia.

Kelebihan Artificial Intelligence dibandingkan manusia ialah AI yang dimiliki oleh Alpha Go adalah manusia hanya dapat bermain (satu kali) dalam satu waktu. Sedangkan AI bisa mensimulasikan beberapa pertandingan pada satu waktu secara bersamaan. Sehingga proses belajar dan pengalamannya juga bisa lebih banyak disbanding manusia. Ini terbukti ketika Alpha Go bermain dengan juara dunia Go pada 2016 dan bisa menjadi pemenangnya.

Kelemahan dari kecerdasan buatan yaitu: Cost yang tinggi, Memperkecil lapangan pekerjaan, Tidak memiliki kreativitas. Perkembangan kecerdasan buatan yang sangat pesat mempengaruhi juga perkembangan teknologi informasi pada era modern saat ini.

Perkembangan tenologi semakin hari semakin canggih sehingga lkecerdasan buatan atau sring disebut AI (Artificial Intelligence) sudah banyak diterapkan dal.am berbagai aspek kehidupan. Dari yang sering kita jumpai bahkan kita gunakan contohnya Google Assistant & Apple Siri.

Cara Kerja Kecerdasan Buatan

Gambar.2 Cara Kerja AI

Dalam proses kerjanya, kecerdasan buatan membutuhkan banyak data & menggunakan algoritma cerdas untuk membuat sistem dapat mempelajari suatu hal sendiri. Artificial Intelligence adalah bidang studi yang mencakup banyak teori, metode, teknologi, serta beberapa sub bidang seperti machine learningneural network, deep learningcomputer vision, dan natural language processing (NLP).

Kesimpulan

Penerapan Artificial Intelligence banyak mempengaruhi cara kita hidup, berinteraksi dan meningkatkan pengal.aman dan kenyamanan. AI semakin terus dan masih banyak AI yang akan dating di tahun-tahun yang akan datang. Tentunya, AI yang lebih baik lagi dengan l.ebih banyak perbaikan, perkembangan dan penerapannya.

Kecerdasan Buatan tidak selalu dikonotasikan negative yang akan menggantikan peranan manusia. Walaupun ada beberapa pekerjaan yang bisa saja digantikan ol.eh AI, namun AI juga membawakan pekerjaan atau profesi baru seperti data scientist.

REFERENSI TULISAN:

  1. Ni Luh Putu Ning Septyarini Putri Astawa & Putu Trisna Hady Permana (2020). Media Pembelajaran dengan Kecerdasan Buatan dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Generasi-Z
  2. Pendi Riyanto. Penerapan Kecerdasan Buatan Pada Bidang Pendidikan, kedokteran, penindustrian, dan Hankam (Pertahanan dan Keamanan)
  3. I Made Gede Sunarya dan Ida Ayu Putu Purnami (2014). Pengembangan Media Pembelajaran Mata kuliah Pengantar Kecerdasan Buatan Bahasan Jaringan Syaraf Tiruan
  4. Muhammad Dahria. Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence)
  5. Paul Suparno, S.J (2019). Menyikapi Penggunaan Artifical Intelliengence (AI, Kecerdasan Buatan) Dalam Pendidikan Fisika
  6. Ahmad Halimi, Kusrini, dan M. Rudyanto Arief. Analisis Sentimen Masyarakat Indonesia Terhadap Pembelajaran Online dari di Media Sosial Twitter Menggunakan Lexicon dan K-Nearest Neighbor

SUMBER GAMBAR:

Gambar 1: kecerdasan buatan – Bing images

Gambar 2: bagaimana cara kerja kecerdasan buatan – Bing images

NOTE : Penulis bertanggung jawab atas semua isi tulisanya

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *