Nama Penulis : Astika Restiani , Mahasiswa Teknik Informatika Universitas Pamulang

Ai-Da adalah  sebutan untuk robot pertama yang dapat melukis sebagai seniman yang telah melukis selama beberapa generasi. Ai-Da akan membutuhkan lebih dari lima jam untuk membuat gambar, dengan cara kuas dijepit dengan kuat di tangan bionic, lengan robot bergerak secara bertahap, mencelupkan ke dalam palet cat kemudian menghasilkan sapuan lambat dan disengaja di atas kertas di depannya.

Dengan kecerdasan buatan yang berkembang pesat , aksesibilitas yang berkembang ke komputer super dan pembelajaran mesin yang terus meningkat, Ai-Da dinamai berdasarkan pelopor komputasi Ada Lovelace hadir sebagai “komentar dan kritik” atas perubahan teknologi yang cepat Bakat aktingnya yang baru terungkap menjelang pameran tunggalnya di Venice Biennale 2022, yang dibuka untuk umum pada 22 April. Berjudul Leaping into the Metaverse, pameran Ai-Da Robot’s Venice akan mengeksplorasi antarmuka antara keahlian manusia dan rekayasa AI, dari Alan Turing hingga metaverse, dan akan menarik prinsip-prinsip api penyucian dan neraka Dante untuk melihat jangka panjang kemanusiaan di seluruh dunia di mana pun rekayasa AI terus merambah kehidupan manusia setiap hari.

Ai-Da dirancang oleh Meller di Oxford dan telah bertahan lebih dari dua dekade di masa lalu oleh staf programmer, robotika, profesional karya seni, dan psikolog, dilakukan pada tahun 2019, dan diperbarui seiring dengan peningkatan pengetahuan teknologi AI. Robot tersebut dikembangkan hingga sekarang telah menunjukkan keahliannya untuk membuat sketsa dan membuat puisi.

Algoritma AI meminta Robot Ai-Da untuk menginterogasi, memilih, mengambil keputusan dan pada akhirnya, mengembangkan gambar. Sangat melelahkan untuk menyelesaikan pekerjaan, mendapatkan lebih dari lima jam gambar, tetapi tidak ada dua yang akan bekerja dengan tepat.

Kecerdasan di ciptakan kedalam sebuah mesin (Komputer) sehingga mesin menanggapai kemudian dapat melakukan pekerjaan seperti manusia. Beberapa macam bidang yang menggunakan kecerdasan buatan antara lain robotika, logika fuzzy, sistem pakar, jaringan syaraf tiruan dan games.

Robot adalah mesin cerdas dengan bagian atau komponen kecil. Ini digunakan di berbagai bidang seperti manufaktur, misi penyelamatan, fungsi pencarian, di militer, di pabrik, di mobil yang mengemudi sendiri, dan mobil lain, dll. Robot diprogram untuk menjadi sangat efisien untuk mereplikasi manusia dan mencapai keunggulan untuk melakukan tugas apa pun yang dilakukan manusia.

Efek positif dari Robot

Dapat membantu dalam misi luar angkasa

Robot, berdasarkan kecerdasan buatan menjadi berinovasi dan ahli dari hari ke hari. Di zaman sekarang, robot telah menjadi sangat maju sehingga mereka bahkan mampu pergi ke luar angkasa dan melakukan ekspedisi luar angkasa. Robot dirancang dengan kemampuan untuk menahan kondisi lingkungan yang mengintimidasi dari ruang antarplanet.

Mereka dirancang untuk menyesuaikan diri dengan atmosfer planet tanpa mengalami dampak apa pun pada kondisi fisik dan kinerjanya. Hal ini membuat mereka sangat bermanfaat untuk eksplorasi ruang angkasa. Robot dapat memperoleh wawasan berharga bagi para ilmuwan untuk memperkaya penelitian luar angkasa mereka.

Dapat menjangkau daerah yang tidak terjangkau

Robot memiliki kemampuan untuk menjangkau tempat-tempat yang tidak mudah dijangkau oleh manusia. Mereka dapat memberikan informasi bermanfaat yang tidak dapat diperoleh manusia. Anda dapat dengan mudah mengirim mereka ke lingkungan berbahaya seperti zona perang, atau laut dalam tanpa risiko korban serius atau hilangnya nyawa yang dapat menyebabkan pengalaman emosional traumatis bagi orang-orang di sekitar mereka.

Kemampuan untuk bekerja tanpa henti

Keuntungan penting lainnya dari robot adalah mereka tidak lelah seperti manusia. Mereka pada dasarnya adalah mesin yang dapat melakukan pekerjaan nonstop tanpa istirahat. Mereka tidak bosan melakukan pekerjaan yang sama berulang-ulang. Tidak seperti manusia, Robot tidak mengambil cuti sakit atau pergi berlibur seperti manusia. Jadi, Anda dapat mengharapkan pekerjaan tanpa henti tanpa henti dari mereka selama 365 hari dalam setahun.

Tidak perlu insentif apapun

Tidak seperti manusia, robot tidak membutuhkan tidur, makanan, gaji, dan fasilitas untuk bekerja. Semua itu membutuhkan organisasi untuk memprogram mereka dan mereka dapat melakukan semua jenis pekerjaan tanpa kehilangan kinerja.

Eksekusi tugas lebih cepat dan bebas kesalahan

Salah satu manfaat paling signifikan dari Robot adalah mereka mampu melakukan tugas apa pun lebih cepat daripada manusia. Manfaat lain yang perlu diperhatikan adalah bahwa mereka menghasilkan hasil yang konsisten dan akurat setiap saat.

Menawarkan presisi tingkat tinggi

Robot mandiri dan tidak memerlukan campur tangan manusia untuk melakukan tugas yang diberikan. Mereka paling cocok untuk semua aktivitas yang membutuhkan akurasi dan presisi. Robot telah digunakan di rumah sakit untuk melakukan beberapa operasi medis karena mereka bekerja lebih cepat dan lebih akurat daripada manusia.

Efek negatif dari Robot

Butuh listrik

Robot membutuhkan banyak daya untuk berfungsi.

Menggantikan manusia di tempat kerja

Robot telah terlihat mencuri pekerjaan di hampir semua industri besar di dunia. Menyebabkan pengangguran dan kemiskinan di antara orang-orang.

Harga tinggi

Bukan hanya biaya di muka, tetapi biaya perawatan robot juga sangat tinggi. Robot sangat mahal untuk pembuatan atau pembeliannya. Juga, jika mereka rusak atau memerlukan perubahan dalam teknologi pemrograman mereka, maka itu bisa menjadi sangat mahal dan memakan waktu.

Membuat orang tergantung

Karena efisiensi, akurasi, dan eksekusi operasi yang cepat, organisasi menjadi terlalu bergantung pada mesin ini.

Dapat menyebabkan kehancuran

Dalam kasus kehilangan kendali Robot di tangan yang salah, mesin ini bahkan dapat menyebabkan banyak kerusakan

Lalu apakah salah mengembangkan robot?

Tidak salah karena dalam mengembangkan robot yaitu untuk menggantikan manusia dalam pekerjaan mereka, tetapi untuk membuat semua proses lebih aman dan lebih efisien. Ini bukan konfrontasi, melainkan kolaborasi yang menguntungkan antara robotika otomatis dan manusia.Dalam pekerjaan aktivitas yang dapat dilakukan secara murni oleh mesin, sementara tugas lainnya masih memerlukan partisipasi atau pengawasan manusia.

Teknologi robot dikembangkan tidak sepenuhnya pekerjaan akan diambil alih oleh robot tetapi manusia secara langsung akan bekerja sama dengan teknologi. Perbedaan bahwa manusiadapat melakukan pekerjaan akan menjadi lebih kreatif, bukan teknis. Manusia akan membuat strategi bisnis, merancang dan mengembangkan konsep baru penerapan mesin pintar dalam kehidupan nyata, mengontrol dan menganalisis hasilnya

Note : Penulis bertanggung jawab atas semua isi tulisannya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *