Nama Penulis : Adinda, Mahasiswa Teknik Informatika Universitas Pamulang (contoh penulisan)

Sekarang kamera memiliki teknologi yang canggih. Kamera menjadi salah satu fitur yang diidamkan-idamkan oleh masyarakat banyak terutama para Wanita. Bahkan ponsel pun kini sudah banyak yang menyisipkan fitur kamera di dalamnya, seperti smartphone misalnya.
Tak bisa dipungkiri lagi, selfie merupakan tren yang susah untuk dijauhkan dari gaya hidup. Tak kenal tempat dan waktu, terkadang orang asyik bergaya di depan smartphone-nya untuk mencari hasil selfie yang sempurna dan terkadang juga orang juga selfie untuk mengabadikan moment yang menyenangkan seperti liburan atau bertemu kerabat yang sudah lama tidak bertemu.
Perkembangan teknologi kamera di smartphone dari tidak beitu berkembang sekarang semakin berkembang. Keunggulan kamera di smartphone ini mudah digunakan dan menjepret dengan kamera smartphone memudahkan buat kita untuk foto-foto.
Sebelum kehadiran teknologi AI, pengguna smartphone sering kali kesulitan mendapatkan hasil foto atau video yang maksimal. Contoh, tidak bisa mendapatkan efek dan fokus video berubah-ubah karena perubahan tingkat kecerahan cahaya. Dengan teknologi AI, kamera smartphone dapat menghasilkan foto dan video yang bagus dan berkualitas.
Mode AI pada kamera smartphone juga dapat berjalan secara otomatis tanpa pengaturan yang kompleks. Pasalnya, teknologi ini sudah dibekali pemrograman algoritma kompleks untuk menyelesaikan permasalahan saat memotret atau merekam.
Singkatnya, teknologi AI pada kamera smartphone dapat memahami pengaturan kamera dan pemrosesan gambar sesuai lingkungan saat pengambilan gambar, termasuk pengaturan speed, exposure, saturasi, kedalaman warna, dynamic range, white balance, dan kontras warna.

Selain itu, teknologi AI juga memungkinkan antarmuka kamera smartphone untuk mengenali obyek dan subyek dalam frame foto secara otomatis, baik pemandangan yang diambil secara landscape maupun diri sendiri dengan mode portrait dengan detail yang lebih fokus. Bahkan, beberapa smartphone saat ini telah menghadirkan mode portrait AI yang mampu meningkatkan kualitas efek bokeh. Sebagai informasi, kata bokeh berasal dari bahasa Jepang yang berarti buram atau berkabut. Foto bokeh diartikan sebagai foto dengan latar belakang blur dan hanya fokus kepada salah satu subyek yang berada di depan lensa kamera.

Menghasilkan foto bokeh bukan perkara yang gampang. Sebab, kualitas lensa kamera dan pengaturan manual saat menentukan hasil foto bokeh yang baik. Dengan kehadiran AI, foto bokeh dapat dihasilkan dengan mudah. Tidak hanya menghasilkan foto bokeh berkualitas, kamera smartphone berteknologi AI juga dapat memudahkan dalam ber-selfie. Pasalnya, teknologi ini umumnya telah dilengkapi fitur facial recognition yang mampu mengenali wajah seseorang dan efek beauty yang disesuaikan dengan kontur muka pengguna.


Dari pemaparan diatas, dapat disimpulkan bahwa hadirnya kecerdasan buatan dapat membawa peran penting dalam teknologi smartphone khususnya dalam kamera smartphone sehingga smartphone dapat berkembang dengan pesat.

Note : Penulis bertanggung jawab atas semua isi tulisannya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *