Nama Penulis : Gilang Nur Dwiansyah, Mahasiswa Teknik Informatika Universitas Pamulang

Artificial Intelligence (AI) dan produk turunannya seperti Machine Learning dan Recommendation Engine adalah jawabannya. Tak heran jika aplikasi besutan perusahaan China, ByteDance ini, berhasil memepet Facebook dengan 1 miliar pengguna aktif setiap bulannya. Bahkan menurut Sensor Tower, aplikasi ini sudah diunduh sebanyak 2 miliar kali di sepanjang tahun 2020. Dalam sebuah survey, TikTokers (demikian pengguna aplikasi ini disebut), rata-rata menghabiskan 52 menit dan menonton lebih dari 200 video setiap hari.
TikTok merupakan aplikasi lipsync yang dirilis tahun 2016. Seiring berjalannya waktu, TikTok bertransformasi menjadi platform video musik. Pada awal kemunculannya TikTok masih sangat kurang diminati apabila dibandingkan dengan Instagram dan lain-lainnya. Bahkan di Indonesia, TikTok sempat diblokir karena banyaknya konten negatif pada tahun 2018.
Ketika membuat TikTok, secara otomatis aplikasi itu akan mengumpulkan data lokasi, gender, umur, data wajah kita. TikTok mulai populer pada tahun 2019. Tren positif ini mampu bertahan hingga saat ini. Hal tersebut tidak lepas dari algoritma yang ada di dalamnya. TikTok memanfaatkan AI (artificial intelligence) dan produk turunannya seperti ML (machine learning) dan RE (recommendation engine).

Berikut ini adalah contoh penerapan kecerdasan buatan pada tiktok :
●Recommendation Engine (RE) bukan hal baru di industri IT. Beberapa menyebut bahwa RE merupakan bentuk AI jaman baheula, karena terlalu sederhana tanpa fitur seperti image recognition ataupun language generation. Meski demikian, RE tetap merupakan salah satu komponen vital yang digunakan hingga hari ini oleh berbagai aplikasi seperti Youtube dan Amazon. Dalam aplikasi TikTok, RE bermutasi dalam bentuk “User Centric Design”. Sederhananya, TikTok hanya akan menyuplai setiap penggunanya dengan konten yang mereka sukai. “Nge-Like” adalah komponen vital dalam aplikasi ini dan algoritme AI akan dengan cepat merekam setiap “hati merah” yang muncul dari setiap pengguna.
●duo-review (berbasis computer vision) dapat mengidentifikasi gambar dan kata kunci video. Jika dicurigai melanggar, konten akan ditahan oleh model dan ditandai untuk ditinjau oleh manusia. Konten yang ditandai mencurigakan akan ditinjau secara manual. Jika diidentifikasi sebagai konten yang melanggar, video akan dihapus dan akun pengunggah akan ditangguhkan.

Setelah memahami kecerdasaan buatan yang terdapat diaplikasi TikTok, jelas bahwa kecerdasaan buatan tersebut bertujuan untuk konten buatan oleh pengguna aplikasi TikTok seperti dance, cover lagu, memasarkan produk jualan dan lain-lain.
Sebagai sebuah AI saya tidak memiliki pandangan tertentu mengenai kecerdasan buatan pada aplikasi TikTok, kecerdasaan buatan ini sangat berpotensi besar untuk membuka lapangan pekerjaan dalam sebuah live streaming seperti ( Host Live Streaming ) dan juga sangat membantu usaha UMKM diindonesia.
TikTok dapat menyajikan konten-konten yang didasarkan pada algoritma penyaringan berbasis konten yang kolaboratif. Algoritma akan terus memperhatikan berbagai tren dan peristiwa terkini yang sedang populer di kalangan pengguna untuk digunakan dalam proses penyajian konten baru terhadap pengguna. Terkadang pengguna akan disuguhi konten acak yang tidak sesuai dengan riwayat tontonan mereka dengan harapan pengguna akan terlibat dengan konten tersebut dan siklus dapat terus berulang.
data yang dihasilkan oleh AI sangatlah bagus dan algoritma yang dimilikinya sangatlah andal dalam menghubungkan pengguna ke konten yang ingin mereka konsumsi sehingga pengguna tidak akan merasa bosan ketika menggunakan TikTok.

Reference :

https://informatics.uii.ac.id/2022/07/19/peran-artificial-intelligence-pada-tiktok/
https://socialmediamarketer.id/tiktok/algoritma-tiktok/
https://www.ithb.ac.id/article/Membedah-Artificial-Intelligence-Pada-Aplikasi-TikTok-24

Note : Penulis bertanggung jawab atas semua isi tulisannya

By Nita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *