Nama Penulis : Indra Fradifa Utama, Mahasiswa Teknik Informatika Universitas Pamulang
Kecerdasan Buatan atau Artificial intelligence (AI) pertama kali digunakan pada tahun 1956 oleh John McCharty. Menurut John McCharthy, kecerdasan buatan adalah suatu ilmu atau teknik dalam memodelkan cara berpikir manusia dan mendesain suatu mesin yang bersifat cerdas. Kecerdasan Buatan merupakan salah satu kemajuan teknologi yang dikembangkan untuk keperluan diberbagai aspek kehidupan.
Pada perkembanganya, teknologi AI juga digunakan dalam dunia pendidikan. Kehadiran teknologi AI sangat membantu dalam kegiatan belajar mengajar para guru dan siswa. Saat ini banyak tersedia aplikasi untuk membantu kebutuhan guru dalam pembuatan media untuk bahan pengajaran. Dalam penilaian, para guru tidak perlu lagi menghabiskan banyak waktu untuk menilai tugas ataupun ujian siswa secara langsung. Penilaian dapat dilakukan secara otomatis bahkan analisis soalnya dapat diperoleh secara langsung tanpa harus melakukan analisis satu per satu. Siswa juga dapat melihat langsung nilai hasil ujian. sehingga tidak perlu lagi menunggu untuk mengetahui hasil ujian yang sudah dilakukan.
Salah satu contoh penerapan AI adalah penggunaan pada sistem instruksi yang dibantu komputer (CAl) mampu memberikan instruksi yang ideal dan tepat, mudah untuk memunculkan keinginan atau antusiasme serta inisiatif siswa untuk belajar, sehingga secara signifikan dapat meningkatkan efek instruksi. Misalnya, penggunaan sistem CAl mampu memainkan peran utama dalam menarik minat dan pemahaman siswa, menyediakan keragaman rangsangan eksternal yang kondusif untuk akuisisi pengetahuan dan konservasi, sehingga dapat secara cepat meningkatkan efek instruksi. Computer Aided Instruction (CAl) menggunakan komputer yang dapat menirukan perilaku guru dengan fitur dan karakteristik komputer multimedia, dan untuk mencapai tujuan pada pembelajaran yang lebih baik dengan siswa dalam kegiatan interaktif.
Meningkatnya mutu pendidikan terutama dalam penyesuaian teknologi informasi dan komunikasi. penggunaan teknologi AI dalam bidang pendidikan juga menjadi lebih efisien dan tidak memakan waktu banyak, biaya operasional menjadi lebih rendah, dan mampu merespon permintaan dengan cepat.
Referensi:
- Enshanty Yulia, S.Pd., dan Dra. Hj. Umrotun, MSi. (2021). Penerapan Artificial Intelligence (AI) dalam Bidang Pendidikan. https://pasundan.jabarekspres.com/2021/03/12/penerapan-artificial-intelligence-ai-dalam-bidang-pendidikan/
- Yasin, Mohamad, S.Kom., M.Kom. (2021). Artificial Intelligence (AI) Untuk Mendukung Pembelajaran. https://komnasdikkediri.or.id/artificial-intelligence-ai-untuk-mendukung-pembelajaran/
- Lysandra, Elenna Bernadetta. (2021). Contoh Penerapan AI Dalam Bidang Pendidikan. https://student-activity.binus.ac.id/himtri/2021/11/22/contoh-penerapan-ai-dalam-bidang-pendidikan/
- Halim, C., & Prasetyo, H. (2018). Penerapan Artificial Intelligence Dalam Computer Aided Instructure(Cai). Jurnal Sistem Cerdas, 1(1), 45–51.
Note : Penulis bertanggung jawab atas semua isi tulisannya