Ahmad Rifa`i, Mahasiswa Universitas Pamulang
Teknologi telah mengubah hampir setiap aspek kehidupan kita, termasuk pendidikan. Namun, pertanyaannya adalah: Apakah integrasi teknologi dalam pendidikan akan meningkatkan proses pembelajaran, atau justru memperdalam kesenjangan digital? Artikel ini akan mengeksplorasi dampak positif dan negatif penggunaan teknologi di ruang kelas.
Dampak Positif:
Aksesibilitas: Teknologi memungkinkan akses terhadap sumber daya pendidikan di seluruh dunia. Siswa dapat mengakses bahan pelajaran, perkuliahan, dan tutorial secara online melalui Internet.
Keanekaragaman Pembelajaran: Aplikasi dan platform pembelajaran digital menawarkan beragam metode pembelajaran yang sesuai dengan gaya belajar individu, memungkinkan siswa belajar dengan kecepatan mereka sendiri.
Kolaborasi Global: Teknologi memfasilitasi kolaborasi antara siswa di seluruh dunia melalui proyek bersama dan diskusi online, memperluas wawasan mereka dan mempersiapkan mereka untuk bekerja di lingkungan global.
Dampak Negatif:
Kesenjangan Digital: Tidak semua siswa memiliki akses yang sama terhadap teknologi. Siswa dari latar belakang ekonomi kurang mampu dan daerah pedesaan mungkin tidak memiliki akses yang sama terhadap perangkat dan internet, menciptakan kesenjangan dalam pembelajaran.
Gangguan dan Ketergantungan: Penggunaan teknologi di kelas juga dapat menyebabkan gangguan dan ketergantungan. Siswa cenderung membuang-buang waktu menggunakan perangkat, yang dapat mengakibatkan buruknya konsentrasi bahkan risiko kecanduan media sosial.
Masalah Privasi: Penggunaan teknologi juga menimbulkan kekhawatiran tentang privasi data siswa. Dengan beragam data yang dikumpulkan oleh perangkat dan platform, penting untuk memastikan bahwa informasi pribadi siswa terlindungi secara memadai.