Nama Penulis : Agung Firmansyah , Mahasiswa Teknik Informatika

Kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) adalah simulasi dari kecerdasan yang dimiliki oleh manusia yang dimodelkan di dalam mesin dan diprogram agar bisa berpikir seperti halnya manusia. AI sendiri merupakan teknologi yang memerlukan data untuk dijadikan pengetahuan, sama seperti manusia. AI membutuhkan pengalaman dan data supaya kecerdasannya bisa lebih baik lagi. Poin penting dalam proses AI adalah learning, reasoning dan self correction.
 
Mungkin kita tak menyadari betapa banyak peran Artificial Intelligence (AI) dalam keseharian kita saat ini.
Saat berpikir tentang AI, mungkin yang muncul di benak kita adalah film-film bergenre sci-fi, seperti Star Wars, Terminator, atau I, Robot. Istilah machine learning bagi masyarakat awam dipandang sebagai hal yang futuristik, imajinatif, dan tidak nyata.
Padahal contoh penerapan AI saat ini bisa kita temui dalam kehidupan sehari-hari. Bahkan peranan AI atau kecerdasan buatan dalam kehidupan kita sudah dimulai sejak kita bangun tidur.
Perkembangan AI di Indonesia
Perkembangan AI menjadi lebih pesat seiring banyaknya pengguna internet. Tercatat ada 196,7 juta atau lebih dari 70% populasi Indonesia sudah menjadi pengguna akses internet pada kuartal II/2020, yang membuat data AI semakin berkembang.
 
Dampak Positif (Kelebihan)
 
1.   Bisa menyimpan data yang tidak terbatas (disesuaikan dengan kebutuhan). Hal ini memungkinkan  Anda bisa menjalankan suatu program yang kompleks dengan lebih baik dan aman. Misalnya manajemen database sekolah, dsb.
2.   Memiliki ketepatan dan keakuratan dalam mengerjakan tugasnya. karena sudah diprogramkan, maka AI dapat bekerja dengan lebih akurat dibandingkan dengan kecerdasan alami.
3.   Menggantikan tugas manusia yang berulang-ulang  dan bersifat rutinitas, misalnya dalam pembelajaran seperti proses koreksi dan penilaian hasil belajar siswa.
4.   Bisa digunakan kapan saja dan dalam jangka waktu yang panjang. Berbeda dengan manusia yang bisa lelah, AI bisa menjalankan pekerjaan sesuai instruksi dalam jangka waktu yang lama.
5.   Mudah digandakan dan disebarluaskan. Karena bersifat digital, segala informasi yang diproses dan disajikan AI bisa digandakan serta disebarkan dengan lebih mudah, cepat, juga praktis.
6.   Lebih Murah, dibandingkan harus mendatangkan ahli yang memiliki keterbatasan dalam waktu dan kompleksitas pekerjaan.
7.   Bisa mengerjakan pekerjaan dengan lebih cepat dan lebih baik. Terutama untuk pekerjaan yang membutuhkan ketelitian dan pengulangan.
 
Dampak Negatif (Kekurangan)
 
1.   Membuat Guru dan Murid Menjadi Lebih Malas. Hal ini terjadi karena sebagaian besar aktivitas sudah dikerjakan secara otomatis oleh AI.
2.   Menghilangkan Pekerjaan Manusia. Ketika Ai digunakan untuk urusan adminstrasi di sekolah, tidak menutup kemungkinan akan menghilangkan peran tata usaha di sekolah.
3.   Tidak Memiliki Common Sense. AI memang mampu belajar dan bekerja sendiri layaknya manusia. Hanya saja AI tidak dapat memahami tujuan dari informasi itu dibuat. Karena pemahaman menyeluruh hanya bisa dimiliki manusia.
4.   Bekerja Sesuai Instruksi. AI akan bekerja sesuai pengaturan program yang dibuat. Sehingga AI akan bekerja sesuai data dan instruksi yang sudah dimasukkan untuk tugas-tugas spesifik, AI tidak bisa berfungsi menjalankan tugas lain diluar dari yang diprogramkan.
5.   AI Masih Kalah untuk pemrosesan informasi yang bersifat vertikal dan membutuhkan sense yang kompleks. AI sampai saat ini hanya mampu bekerja secara pararel untuk tugas-tugas yang sifatnya rutinitas/ berulang-ulang. Sekalipun dapat belajar sendiri, tetapi AI akan bekerja secara spesifik sesuai input dan data yang diprogramkan. Misalnya AI yang berfungsi mengoreksi hasil belajar siswa tidak bisa berfungsi untuk menjalankan fungsi lain seperti mencari materi dan sumber belajar.
6.   Risiko Tinggi Dibobol. AI memiliki data dan informasi yang tersimpan secara digital dan online. Hal ini membuat informasi penting sangat mungkin diretas oleh orang-orang lain yang tidak bertanggung jawab dan merugikan pihak Anda.
7.   Pasti Akan Rusak. Segala sesuatu yang dibuat manusia, terutama teknologi dan mesin suatu saat pasti akan rusak. Begitupun dengan sistem AI, besar kemungkinan akan mengalami gangguan atau kerusakan yang dapat menghilangkan data dan informasi penting Anda. Sehingga selalu pastikan data dan informasi penting dibuat duplikatnya.

Note : Penulis bertanggung jawab atas semua isi tulisannya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *