Nama Penulis : David Raihan, Mahasiswa Teknik Informatika Universitas Pamulang

Minat masyarakat yang semakin meningkat menggunakan sepeda motor matic memberikan banyak keluwesan bagi pengendaranya. Selain sistem transmisinya otomatis, mudah melakukan manuver untuk jalan-jalan yang padat, sempit dan tidak merata, serta memiliki performa mesin dengan tenaga dan kecepatan yang handal. Namun sebagian besar pengguna sepeda motor matic sering mengalami kesulitan melakukan perawatan dan diagnosis kerusakan karena terbatasnya pengetahuan. Kenyataannya sebagian besar jasa servis/perawatan tidak memiliki mekanik yang handal sehingga tidak dapat melakukan diagnosis kerusakan secara tepat dan hanya berdasarkan kepada perkiraan saja. Kecenderungannya masih banyak mekanik yang hanya mengandalkan kepada intuisinya saja sehingga hasil perawatan menjadi tidak maksimal dan menimbulkan kekecewaan bagi konsumen.
Dengan teknologi ai membuat aplikasi diagnosa kerusakan mesin sepeda motor matic menggunakan bahasa pemrograman PHP. Program aplikasi ini memiliki 3 halaman utama yang meliputi halaman pengunjung, halaman anggota, dan halaman admin. Halaman pengunjung diperuntukkan bagi user yang belum terdaftar sebagai anggota dimana user memiliki keterbatasan dalam mengakses fitur yang disediakan pada situs web, halaman anggota diperuntukkan bagi user yang sudah terdaftar sebagai anggota dan pada halaman ini user dapat mengakses semua fitur yang ada. Halaman admin digunakan admin untuk mengelola situs web dan mengupdate database. Aplikasi ini juga memiliki sejumlah fitur penting, selain memberikan berbagai informasi edukasi bagi pengguna sepeda motor matic juga sistem memiliki tips perawatan kendaraan matic.
Pembuatan desain arsitektur aplikasi menggunakan metode Case-Based Reasoning dengan tujuan membantu memberikan berbagai kemudahan dalam kehidupan manusia. Case-Based Reasoning sistem penalaran komputer yang menggunakan pengetahuan lama untuk mengatasi masalah baru. CBR memberikan solusi terhadap kasus baru dengan melihat kasus lama yang paling mendekati kasus baru. Case Based Reasoning memperluas pengetahuannya dengan cara memasukkan pengalaman yang baru ke dalam memori/basis data untuk digunakan memecahkan masalah baru di masa yang datang. Perkembangan Case Based Reasoning dipengaruhi oleh hasil-hasil penelitian di dalam bidang ilmu kognitif. Case Based Reasoning yang saat ini berdasarkan pada penelitian tentang peranan memori dalam pengetahuan atau Memory Organizing Packets (MOPs). MOPs berfungsi untuk mengatur urutan peristiwa, MOPs mengatur urutan peristiwa secara tunggal yang disebut dengan “ingatan” dan ingatan inilah yang akan berdominasi dalam melakukan interpretasi dan penyelesaian masalah. case base reasoning sangat mudah dan membantu ketika sedang mengambil keputusan. System dari case base reasoning ini yaitu mengambil suatu keputusan berdasarkan solusi dari pengalaman kasus yang sudah pernah terjadi sebelumnya. Case Base Reasoning menggunakan pengalaman itu sendiri untuk menyelesaikan masalah yang sedang dihadapi sekarang ini. 
 
Adanya Aplikasi ini diharapkan dapat memberikan informasi dan solusi penyelesaian terhadap kerusakan yang dialami oleh pengguna. Setiap hasil solusi yang diberikan sistem kepada user dapat diberikan rating yang menandakan seringnya kerusakan yang terjadi dan solusi yang diberikan aplikasi tersebut menjadi penyelesaian, dimana rating ini akan menjadi bahan pertimbangan bagi admin dalam melakukan perbaikan dan memberikan pengembangan pada database. Pengguna sepeda motor matic dapat menambah edukasi mengenai informasi seputar perawatan dan pemeliharaannya dalam memperpanjang umur kendaraan tanpa batasan waktu dan tempat.     
Note : Penulis bertanggung jawab atas semua isi tulisannya     

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *