DALAM BIDANNama Penulis : Joko Tri Wibowo , Mahasiswa Teknik Informatika Universitas Pamulang

Revolusi Industri 4.0 merupakan zaman dimana manusia dituntut untuk lebih maju dalam berteknologi, baik dalam bidang industri maupun bidang pendidikan, perlu adanya sebuah inovasi dalam mendorong kemajuan yang sebenarnya. Dan hal tersebut dapat dilakukan dengan upaya  literasi digital masa kini. Menurut Paul Glister dalam bukunya yang berjudul Digital Literacy (1997), literasi digitaldiartikan sebagai kemampuan untuk memahamidan menggunakan informasi dalam bentuk dari berbagai sumber yang sangat luas yang diakses melalui piranti komputer. Bawden (2001) menawarkan pemahaman baru mengenai literasi digital yang berakar pada literasi komputer dan literasi informasi. Literasi komputer berkembang pada dekade 1980-an, ketika komputer mikro semakin luas dipergunakan, tidak saja dilingkungan bisnis, tetapi juga di masyarakat. Namun literasi informasi baru menyebar luas pada dekade 1990-an manakala informasi semakin mudah disusun dan lebih mudah diakses.

Artificial Inteligence (AI) atau Kecerdasan Buatan menjadi penggerak revolusi industri 4.0 yang menjajikan banyak kemudahan pemerintah maupun industri. Internet Of Things (LoT) dengan big data contohnya dimana AI dapat diimplementasikan, teknologi yang telah banyak diadopsi di era  industri 4.0.

Kecerdasan Buatan atau Artificial Intelegence (AI) kini telah dikembangkan besar-besaran sehingga teknologi ini akan meniru bahkan mengambil alih pekerjaan yang biasa dilakukan oleh manusia. Beberapa perusahaan teknologi telah menerapkan AI di antaranya Amazon, Facebook, Microsoft, hingga Google. Tetapi siapa sangka bahwa AI ini juga merambah ke dunia pendidikan.

Gambar 1. Teknologi Kecerdasan Buatan Dalam Bidang Pendidikan

Sumber Gambar : https://4.bp.blogspot.com/-XvRwtUHuMjQ/Wdk9aY2JIRI/AAAAAAAAANs/mjFHvVfUj94pdTQ2mUXpxt3nJnGow1ReACEwYBhgL/s1600/e2.jpg

Kecerdasan buatan merupakan cabang ilmu komputer yang menekankan pengembangan intelijen mesin, pola berfikir dan bekerja seperti manusia. Misalnya, pengenalan suara, pemecahan masalah, pembelajaran, dan perencanaan. AI merupakan bagian cabang sistem literasi digital yang memiliki peranan besar dalam proses pengembangan intelegen. Dalam bidang pendidikan pun juga perlu memerlukan upaya inovasi dalam media pembelajaran, dan salah satunya adalah penerapan AI atau Kecerdasan Buatan ini. Tujuannya adalah untuk meningkatkan kualitas belajar siswa dan penanaman nilai beserta karakter selama beradaptasi dengan sistem AI atau Kecerdasan Buatan. AI memudahkan siswa atau pelajar dalam menunjang studinya secara visibilas dan komprehensif. Artificial Intelligence memang menciptakan pola pikir pelajar yang lebih kritis dan berpemahaman dalam mengenai suatu hal, namun tidak sepenuhnya akan menjamin nilai serta karakter pelajar tersebut menjadi lebih baik, baik ataupun malah memburuk. Jadi, untuk mengindari hal yang tidak diinginkan perlunya sebuah bimbingan dan arahan langsung dari tenaga pendidik yang diiringi dengan penerapan pembelajaran berbasis Artificial Inteligence.

Referensi :

1.Ahmad, Abu “Mengenal artificial intelligence, machine learning, neural network, dan deep learning.” no. October (2017). Komparasi dan analisis SWOT pada Implementasi Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence) di Indonesia. J@ti Undip Jurnal Teknik Industri Vol. 15 No.2 Mei 2020.

2.Nafisah, F. T., & Zafi, A. A. (2020). Model Pendidikan Karakter Berbasis Keluarga Perspektif Islam di Tengah Pandemi Covid-19. Ta’allum: Jurnal Pendidikan Islam, 08(1), 1-20. https://doi.org/10.21274/taalum.2020.8.1.1-20

3.Partono. (2020). Pendidikan Akhlak Remaja Dalam Keluarga Muslim di Era Industri 4.0. Jurnal Teladan: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pembelajaran. 5(1).

4.Chanda Halim, Hendri Prasetyo. Penerapan Artificial Intelligence dalam Computer Aided Instructure (CAI). Jurnal Sistem Cerdas 2018 Vol 1 No 1.

5. Hanik, E. U. (2019). Model Pengasuhan Alternatif Dual-Career Family Dalam Pemenuhan Kebutuhan Asuh. Indonesian Journal of Islamic Early Chilhood Education.

6.https://www.researchgate.net/publication/348070614_ARTIFICIAL_INTELLEGENCE_DENGAN_PEMBENTUKAN_NILAI_DAN_KARAKTER_DI_BIDANG_PENDIDIKAN

Note : Penulis bertanggung jawab atas semua isi tulisannya

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *