Nama: Tifanny Patriane Andari, Mahasiswa Teknik Informatika Universitas Pamulang

Transaksi penjualan dan pembelian memanfaatkan sistem elektronik dengan internet melalui jaringan komputer telah berkembang dengan pesat.

Dikutip dari Investopedia, perdagangan elektronik atau e-commerce adalah model bisnis yang memungkinkan perusahaan atau individu bisa membeli atau menjual barang melalui internet (online).

Hampir semua produk, termasuk jasa, tersedia di internet dari mulai makanan, musik, buku, produk rumah tangga, tiket pesawat, investasi bisa dibeli lewat e-commerce.

Itu sebabnya, kemajuan teknologi perdagangan elektronik ini dianggap sebagai disrupsi ekonomi. Sarana e-commerce sendiri sangat beragam dari mulai televisi, telepon, dan internet.

Menurut saya, Ecommerce adalah electronic commerce, merupakan kumpulan teknologi, aplikasi, dan bisnis yang menghubungkan perusahaan atau perseorangan sebagai konsumen untuk melakukan transaksi elektronik, pertukaran barang, dan pertukaran informasi melalui internet atau televisi, www, atau jaringan komputer lainnya.

Pengertian E-commerce - MGT LOGISTIK


Gambar 1. E commerce

Sumber gambar https://www.google.com/url?sa=i&url=https%3A%2F%2Fmgt-logistik.com%2Fpengertian-e-commerce%2F&psig=AOvVaw1h2_eSDtBJGyqWC0eXbx4m&ust=1666625207758000&source=images&cd=vfe&ved=2ahUKEwjQlpDt1Pb6AhVn2nMBHbquAbMQr4kDegUIARDjAQ

Secara umum ada 4 jenis e-commerce:

  1. Business to business adalah transaksi elektronik barang atau jasa yang dilakukan antar perusahaan.
  2. Business to consumer yakni jenis perdagangan elektronik yang melibatkan pelaku bisnis dan konsumen.
  3. Consumer to consumer merupakan transaksi dilakukan antar konsumen dengan konsumen yang meliputi semua transaksi elektronik barang atau jasa.
  4. Consumer to business adalah jenis perdagangan elektronik di mana konsumen (end-use) menyediakan produk atau layanan ke suatu perusahaan

E-Commerce terbukti membawa manfaat bagi pihak-pihak yang terlibat di dalamnya secara sama rata. Berikut ini adalah beberapa manfaat e-commerce baik dari segi bisnis maupun dari sudut pandang pelanggan atau konsumen:

  1. Manfaat E-commerce dalam Dunia Bisnis
    Manfaat dalam menggunakan E-commerce dalam suatu perusahaan sebagai sistem transaksi adalah:
  2. Dapat meningkatkan market exposure (pangsa pasar). Transaksi online yang membuat semua orang di seluruh dunia dapat memesan dan membeli produk yang dijual hanya dengan melalui media computer dan tidak terbatas jarak dan waktu.
  3. Menurunkan biaya operasional (operating cost). Transaksi E-commerce adalah transaksi yang sebagian besar operasionalnya diprogram di dalam komputer sehingga biaya-biaya seperti showroom, beban gaji yang berlebihan, dan lain-lain tidak perlu terjadi.
  4. Melebarkan jangkauan (global reach). Transaksi on-line yang dapat diakses oleh semua orang di dunia tidak terbatas tempat dan waktu karena semua orang dapat mengaksesnya hanya dengan menggunakan media perantara komputer.
  5. Meningkatkan customer loyalty. Ini disebabkan karena sistem transaksi E-commerce menyediakan informasi secara lengkap dan informasi tersebut dapat diakses setiap waktu selain itu dalam hal pembelian juga dapat dilakukan setiap waktu bahkan konsumen dapat memilih sendiri produk yang dia inginkan.
  6. Meningkatkan supply management. Transaksi E-commerce menyebabkan pengefisienan biaya operasional pada perusahaan terutama pada jumlah karyawan dan jumlah stok barang yang tersedia sehingga untuk lebih menyempurnakan pengefisienan biaya tersebut maka sistem supply management yang baik harus ditingkatkan.
  • Manfaat E-commerce untuk Pelanggan

E-commerce memungkinkan pelanggan untuk berbelanja atau melakukan transaksi selama 24 jam sehari dari hampir setiap lokasi dimana konsumen itu berada. Pelanggan juga dapat memiliki banyak pilihan barang yang ingin dibeli pada saat mengunjungi situs dan melakukan perbandingan harga dengan perusahaan lain. Pada saat membeli barang-barang secara online, pelanggan tidak perlu mengantri untuk mendapatkan barang.

Akan tetapi, e commerce juga bisa membuat malas dan boros. Yang seharusnya kita bisa membeli barang di minimarket terdekat, tetapi karena adanya e commerce kita jadi membelinya secara online dan membutuhkan biaya yang lebih untuk jasa pengiriman dan waktu untuk barangnya sampai dirumah.

Kesimpulannya, manfaat dan kekurangan e commerce tergantung dari cara kita menggunakan teknologi ini, zaman semakin canggih dan maju tentunya kita sebagai manusia tidak boleh stuck/menetapi begitu saja, kita juga harus maju dan bisa mengimbangi teknologi yang perkembangannya sangat pesat.

Referensi:

http://ejurnal.swadharma.ac.id/index.php/jeis/article/view/169

http://bpka.jogjaprov.go.id

https://money.kompas.com/read/2021/09/11/191943626/pengertian-e-commerce-dan-bedanya-dengan-marketplace?page=all
https://www.merdeka.com/jatim/mengenal-jenis-e-commerce-beserta-pengertian-dan-contohnya-ini-selengkapnya-kln.html

Note: penulis bertanggung jawab atas semua isi tulisan

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ajukan Pertanyaan
1
Tanya kita aja!!!
Hubungi Kami!
Selamat datang kak di mediapublikasi.id
Silakan tanya-tanya dulu kebutuhannya kaka apa?

Segera kami respon